Show simple item record

dc.contributor.authorRahmawati, Nur Aini
dc.date.accessioned2021-11-18T02:44:06Z
dc.date.available2021-11-18T02:44:06Z
dc.date.issued2021-01-21
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2572
dc.description.abstractBIPA bukan merupakan fakta baru bagi bahasa Indonesia. Sebenarnya jika dikaji berdasarkan sejarahnya bahasa Indonesia telah lama dipelajari oleh orang asing seperti Belanda atau mungkin jauh sebelum itu. Namun, fakta yuridisnya menyatakan bahwa bahasa Indonesia baru diakui pada 18 Agustus 1945. Upaya untuk meningkatkan bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional mulai menjadi visi dan misi penting untuk mengenalkan Indonesia kepada dunia. Sudah banyak program baik di luar negeri maupun dalam negeri yang dibuat untuk pengenalan program BIPA. Bahkan, mahasiswa atau pemelajar yang meminatinya pun cukup banyak. Mengetahui hal tersebut, tentu Indonesia juga mulai mengoptimalkan pengajaran BIPA. Salah satunya yaitu pengembangan bahan ajar. Pengembangan bahan ajar ini sangat penting untuk menunjang pembelajaran BIPA. Tanpa adanya bahan ajar, akan ada pemberian materi secara acak yang diberikan pengajar kepada mahasiswa BIPA. Selain itu, masih diperlukannya bahan ajar yang menarik agar memudahkan pemelajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: pembahasan mengenai pengembangan purwarupa bahan ajar infografik SERENA yang layak dari segi isi, kebahasaan, dan grafikasi untuk menunjang keterampilan membaca mahasiswa BIPA tingkat menengah. Adapun rincian rumusan masalah dan pengembangan ini antara lain: (1) Analisis kebutuhan bahan ajar infografik SERENA, (2) Purwarupa bahan ajar infografik SERENA, dan (3) Hasil validasi purwarupa bahan ajar infografik SERENA. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar infografik SERENA yang sesuai dengan kelayakan isi, bahasa, grafikasi untuk menunjang keterampilan membaca mahasiswa BIPA tingkat menengah. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan dari Sugiyono yang sudah dimodifikasi oleh peneliti. Modifikasi tahapan pengembangan dilakukan sesuai kebutuhan penelitian dan pengembangan. Berikut beberapa alasan peneliti melakukan modifikasi tahapan: (1) keterbatasan peneliti , (2) keterbatasan waktu, (3) keterbatasan subjek, (4) kondisi saat ini yang tidak memungkinkan untuk melakukan pembelajaran tatap muka karena adanya Covid-19 dan tidak adanya penerimaan mahasiswa BIPA asing pada saat ini. Penelitian dan pengembangan ini hanya sampai pada validasi purwarupa bahan ajar SERENA dikarenakan tidak memungkinkannya pembentukan tim kerja dengan subjek uji coba. Sumber data penelitian diambil dari analisis kebutuhan bahan ajar mahasiswa BIPA tingkat menengah dan penilaian kelayakan produk oleh ahli. Instrumen yang akan digunakan oleh peneliti berupa angket analisis kebutuhan bahan ajar serta angket penilaian produk. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Kriteria kelayakan produk yang akan digunakan ada lima macam, yaitu sangat layak tanpa revisi, layak dengan sedikit revisi, cukup layak dengan revisi yang lumayan, merevisi produk dengan meneliti kembali secara seksama dan melengkapi kekurangan produk, dan kriteria kelima yaitu produk gagal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa purwarupa bahan ajar infografik SERENA dinyatakan ke dalam kategori bahan ajar layak dengan sedikit revisi. Hal ini karena didasarkan pada hasil analisis kebutuhan bahan ajar yang menunjukkan respon yang baik (cukup menantikan), purwarupa bahan ajar infografik SERENA yang dikembangkan menyesuaikan analisis kebutuhan bahan ajar, dan validasi ahli. Nilai kelayakan purwarupa bahan ajar infografik SERENA yaitu 60,8 atau dapat dibulatkan menjadi 61. Saran pemanfaatan produk mengarah pada pengguna bahan ajar, baik pemelajar maupun pengajar. Pertama, saran untuk pengajar BIPA tingkat menengah, yaitu (1) sebaiknya pengajar membaca dan memahami terlebih dahulu sebelum menggunakan bahan ajar, dan (2) hendaknya pengajar menggunakan bahan ajar ini untuk pembelajaran BIPA tingkat mahir. Kedua, saran untuk pemelajar BIPA tingkat menengah adalah (1) bahan ajar ini dapat dipakai untuk latihan keterampilan membaca, dan (2) pemelajar mendapatkan pengetahuan tentang budaya sejarah rempah Indonesia. Kata Kunci: Pengembangan Bahan Ajar, Infografik SERENA, Keterampilan Membaca, Mahasiswa BIPA Tingkat Menengah.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Bahasa Indonesiaen_US
dc.subjectPengembangan Bahan Ajaren_US
dc.subjectInfografik SERENAen_US
dc.titlePengembangan Infografik SERENA (Sejarah Rempah Indonesia) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Mahasiswa BIPA Tingkat Menengahen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record