Show simple item record

dc.contributor.authorAnggraeni, Linda Nur
dc.date.accessioned2021-11-18T02:45:14Z
dc.date.available2021-11-18T02:45:14Z
dc.date.issued2021-06-21
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2573
dc.description.abstractPenelitian ini membahas tentang iklan media luar ruangan yang meliputi bentuk diksi, struktur bahasa, serta gaya motivasi dalam iklan komersial. Peneliti tertarik untuk meneliti bahasa persuasif pada iklan media luar ruangan, yang mana iklan media luar ruang memiliki makna yang mengandung simbol-simbol yang tersirat di dalamnya (tidak secara langsung). Hal tersebut terkait dengan penggunaan bahasa yang meliputi kemampuan seseorang membedakan kata secara tepat sesuai dengan gagasan yang ingin disampaikannya, pengelompokan unsur-unsur bahasa yang diatur dan dihubungkan satu dengan yang lain menjadi suatu bahasa yang berpola serta menyikapi terhadap dalam diri seseorang untuk melakukan tindakan agar mencapai suatu tujuan. Berdasarkan hal di atas, permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu eksklusivitas bahasa persuasif iklan pada media luar ruang, yaitu : (1) bentuk diksi, (2) struktur bahasa, (3) gaya motivasi . Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk diksi, struktur bahasa dan gaya motivasi dalam iklan komersial pada media luar ruang. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik dokumentasi dan wawancara untuk menganalisis bentuk diksi, struktur bahasa dan gaya motivasi pada iklan media luar ruang di wilayah kecamatan Blimbing kota Malang. Penelitian ini juga mengambil data berupa gambar yang persuasif dari iklan komersial sesuai dengan permasalahan di atas. Sumber data dalam penelitian ini berupa iklan media luar ruang di wilayah kecamatan Blimbing kota Malang. Hasil analisis yang dihasilkan dari penelitian ini: (1) penggunaan bentuk diksi pada iklan komersial media luar ruang (spanduk, baliho, neon box, billboard, banner), meliputi kata umum, kata khusus, kata populer, kata konkret, kata abstrak, kata kajian, kata nonbaku, kata asli, kata serapan, denotasi dan konotasi, Bentuk diksi kata populer yang paling banyak ditemukan dalam iklan komersial dalam media luar ruangan di wilayah kecamatan Blimbing kota Malang yang dalam penulisannya digunakan oleh semua khalayak dalam hal berkomunikasi sehari-hari (2) struktur bahasa yang digunakan, meliputi subjek, predikat, objek, keterangan tempat, struktur bahasa (subjek, predikat, objek) yang paling banyak ditemukan dalam iklan komersial dalam media luar ruangan di wilayah kecamatan Blimbing kota Malang, merupakan iklan paling menonjol dan dominan penggunaannya (3) gaya motivasi yang digunakan, meliputi motivasi positif dan motivasi instrinsik, gaya motivasi positif dan instrinsik tersebut memiliki jumlah yang sama yakni banyak ditemukan dalam iklan komersial. Kata Kunci : Bentuk Diksi, Struktur Bahasa, Gaya Motivasien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Bahasa Indonesiaen_US
dc.subjectBentuk Diksien_US
dc.subjectStruktur Bahasaen_US
dc.subjectGaya Motivasien_US
dc.titleEksklusivitas Bahasa Persuasif Iklan Media Luar Ruangan di Wilayah Kecamatan Blimbing Kota Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record