Show simple item record

dc.contributor.authorIrawati.
dc.date.accessioned2021-11-18T02:53:10Z
dc.date.available2021-11-18T02:53:10Z
dc.date.issued2021-04-07
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2579
dc.description.abstractDalam pembelajaran tentunya terdapat kegiatan interaksi antara guru dan peserta didik. Manusia bisa berinteraksi dengan menggunakan bahasa. Penggunan bahasa dalam kegiatan interaksi dapat dilakukan secara langsung dan tidak langsung. Pada saat langsung bisa dilakukan kegiatan interaksi secara tatap muka, sedangkan pada saat tidak langsung kegiatan interaksi bisa dilakukan secara tidak tatap muka langsung (online). Interaksi dalam pembelajaran melibatkan adanya penutur dan lawan tutur. Kajian tentang penutur dan lawan tutur ini termasuk dalam bidang pragmatik kajian tentang deiksis. Deiksis adalah kata atau frasa yang menunjuk pada sesuatu tergantung penutur dan konteks tuturan. Pada saat ini gejala virus covid-19 sedang marak diperbincangkan. Dalam permasalahan ini, terdapat pengaruh dalam kegiatan pembelajaran yaitu kegiatan pembelajaran tidak bisa dilakukan secara ofline melainkan secara online. Dengan demikian, pembelajaran saat ini dilakukan secara online dengan platform zoom meeting. Fokus penelitian dalam penelitian ini ada dua antara lain (1) bentuk deiksis dalam interaksi pembelajaran Bahasa Indonesia dengan platform zoom meeting pada kelas XII MIPA 3 di MAN 1 Kota Malang, dan (2) fungsi deiksis dalam interaksi pembelajaran Bahasa Indonesia dengan platform zoom meeting pada kelas XII MIPA 3 di MAN 1 Kota Malang. Pada fokus penelitian pertama peneliti mencari bentuk-bentuk deiksis antara guru dan peserta didik dalam interaksi pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan platform zoom meeting. Pada fokus penelitian kedua peneliti mencari fungsi dari bentuk-bentuk deiksis yang ditemukan antara guru dan peserta didik dalam interaksi pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan platform zoom meeting. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan fungsi deiksis dalam kegiatan interaksi pembelajaran Bahasa Indonesia dengan platform zoom meeting pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pendekatan deskriptif dipilih karena, hasil dari penelitian ini adalah uraian kata-kata berbentuk deskriptif dari tuturan yang terdapat dalam kegiatan interaksi pembelajaran Bahasa Indonesia antara guru dan peserta didik. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru dan peserta didik kelas XII MIPA 3 yang berjumlah 34. Hasil dari penelitian ini antara lain (1) terdapat bentuk deiksis persona yang dominan digunakan oleh guru dalam kegiatan interaksi pembelajaran Bahasa Indonesia dengan platform zoom meeting. (2) hasil fokus penelitian kedua yaitu tentang fungsi deiksis yang terdapat dalam kegiatan interaksi pembelajaran Bahasa Indonesia terdapat fungsi deiksis. Pertama, fungsi deiksis persona antara lain fungsi deiksis persona pertama tunggal menyatakan subjek dengan bentuk saya, fungsi deiksis persona jamak menyatakan subjek bentuk kita, dan fungsi deiksis persona kedua menyatakani objek bentuk kalian. Kedua, fungsi deiksis tempat lokatif sebagai penunjuk tempat dengan keberadaan dekat bentuk di sini. Ketiga, fungsi deiksis waktu antara lain fungsi yang merujuk pada saat tuturan dan sebelum tuturan. Fungsi pada saat tuturan yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu bentuk hari ini dan sebelum tuturan yaitu kemarin dan minggu lalu. Kata Kunci: Deiksis, Interaksi Pembelajaran, Bahasa Indonesiaen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Bahasa Indonesiaen_US
dc.subjectDeiksisen_US
dc.subjectInteraksi Pembelajaranen_US
dc.titleDeiksis dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Platform Zoom Meeting pada Masa Pandemi Covid-19en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record