Pengembangan Pengukuran Kesiapan Pembelajaran Online dengan Pendekatan Data Demografis

Show simple item record

dc.contributor.author Kurniawan, Citra
dc.contributor.author Zakaria, Zuhkhriyan
dc.date.accessioned 2021-11-18T03:20:30Z
dc.date.available 2021-11-18T03:20:30Z
dc.date.issued 2021-07
dc.identifier.issn 2548-821X
dc.identifier.uri https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/article/view/1721
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2581
dc.description [ARCHIVES] Copyright Article from : JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA en_US
dc.description.abstract Mempertimbangkan perubahan orientasi pembelajaran yang cepat menuju pembelajaran berbasis digital maka diperlukan validasi kesiapan pembelajaran online. Beberapa penelitian terdahulu telah membahas bagaimana pentingnya pengukuran kesiapan pembelajaran online namun masih sedikit sekali yang membahas terkait pendekatannya dengan data demografis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kajian perkembangan dan validasi kesiapan pembelajaran online untuk mengevaluasi seberapa siapkah mahasiswa menghadapi pembelajaran online. Penelitian ini melibatkan 450 mahasiswa dari dua perguruan tinggi yang terdiri dari 122 laki-laki dan 328 perempuan. Tiga tahap penelitian meliputi uji reliabilitas, uji validitas dan eksplorasi data demografis berdasarkan hasil validasi pengukuran kesiapan pembelajaran online. Penelitian ini menjawab tiga pertanyaan penelitian: (1) Bagaimana reliabilitas pengukuran kesiapan pembelajaran online?; (2) Bagaimana validitas pengukuran kesiapan pembelajaran online?; (3) Bagaimana data demografis terhadap kesiapan pembelajaran online?. Penelitian ini melalui tahapan validasi secara sistematis dan menemukan bahwa pengukuran kesiapan pembelaran online memenuhi syarat reliabel dan validitas. Sedangkan pada hasil explorasi data demografis ditemukan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan perbedaan jenis kelamin terhadap kesiapan pembelajaran online. Namun lebih lanjut pada perbedaan latar belakang studi menyajikan hasil yang berbeda dimana latar belakang program studi memberikan hasil positif terhadap beberapa aspek kesiapan pembelajaran online. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher IKIP PGRI Bojonegoro en_US
dc.relation.ispartofseries JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA;Vol.8, No.2, p. 95-116
dc.subject Kesiapan Pembelajaran Online en_US
dc.subject Demografis en_US
dc.subject Validitas en_US
dc.subject Reliabilitas en_US
dc.title Pengembangan Pengukuran Kesiapan Pembelajaran Online dengan Pendekatan Data Demografis en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account