Pengembangan Pengukuran Kesiapan Pembelajaran Online dengan Pendekatan Data Demografis
Abstract
Mempertimbangkan perubahan orientasi pembelajaran yang cepat menuju
pembelajaran berbasis digital maka diperlukan validasi kesiapan pembelajaran online.
Beberapa penelitian terdahulu telah membahas bagaimana pentingnya pengukuran
kesiapan pembelajaran online namun masih sedikit sekali yang membahas terkait
pendekatannya dengan data demografis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kajian
perkembangan dan validasi kesiapan pembelajaran online untuk mengevaluasi
seberapa siapkah mahasiswa menghadapi pembelajaran online. Penelitian ini
melibatkan 450 mahasiswa dari dua perguruan tinggi yang terdiri dari 122 laki-laki
dan 328 perempuan. Tiga tahap penelitian meliputi uji reliabilitas, uji validitas dan
eksplorasi data demografis berdasarkan hasil validasi pengukuran kesiapan
pembelajaran online. Penelitian ini menjawab tiga pertanyaan penelitian: (1)
Bagaimana reliabilitas pengukuran kesiapan pembelajaran online?; (2) Bagaimana
validitas pengukuran kesiapan pembelajaran online?; (3) Bagaimana data demografis
terhadap kesiapan pembelajaran online?. Penelitian ini melalui tahapan validasi
secara sistematis dan menemukan bahwa pengukuran kesiapan pembelaran online
memenuhi syarat reliabel dan validitas. Sedangkan pada hasil explorasi data
demografis ditemukan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan perbedaan jenis
kelamin terhadap kesiapan pembelajaran online. Namun lebih lanjut pada perbedaan
latar belakang studi menyajikan hasil yang berbeda dimana latar belakang program
studi memberikan hasil positif terhadap beberapa aspek kesiapan pembelajaran online.
URI
https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/article/view/1721http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2581