dc.description.abstract | Tujuan penulis melakukan penelitian dengan tema tersebut adalah untuk mengetahui strategui guru dalam membina karakter kepribadian siswa pada masa pembelajaran daring. pembinaan karakter siswa pada masa pembelajaran daring (online) dilakukan guna mewujudkan tujuan pendidikan nasional secara umum, mewujudkan salah satu misi sekolah. Guru Pendidikan Agama Islam membimbing serta mengarahkan siswa dalam membentuk karakter kepribadian diri siswa, karena guru tidak hanya mengajar ilmu pengetahuan saja melainkan guru turut serta dalam pembentukan siswa. Selain itu dalam membina karakter kepribadian siswa terdapat beberapa fokus yang terdiri atas tujuan pembinaan karakter kepribadian siswa, strategi guru PAI dalam membina karakter kepribadian siswa serta mengetahui proses evaluasi yang dilakukan guru pada saat pembelajaran daring.
Metode penelitian yang dilakukan yakni dengan menggunakan penelitian deskriptif yakni penelitian yang kan latar alamiah dengan maksud mendeskripsikan dan menafsirkan fenomena atau kejadian yang terjadi pada saat melakukan penelitian. Prose penelitian dilakukan dengan mengambil dua macam sumber data yaitu sumber data primer (berasal dari informan) dan sumber data sekunder (data pendukung). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, dokumentasi, dan observasi partisipatif.
Dari penelitian yang dilakukan terdapat beberapa poin yang menjadi fokus peneliti yakni tujuan pendidikan karakrer pada masa pembelajaran daring adalah untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional secara umum dan mewujudkan visi dan misi sekolah secara khusus. Langkah-langkah pembinaan karaker siswa pada masa pembelajaran daring (online) meliputi guru mempersiapkan perangkat pembelajaran khusus nya RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) daring yang di dalamnya memuat kegiatan pembelajaran serta adanya pembentukan karakter seperti yang terdapat pada KI 1 dan 2 yang mengarah pada aspek sikap (embentukan karakter), serta menyiapkan media pembelajaran daring baik guru maupun siswa. Dalam mengaplikasikan pendidikan kaakter guru menggunakan strategi keteladanan, pembiasaan serta sentuhan kalbu. Sedangkan Evaluasi pembinaan karakter siswa pada masa pembelajaran daring (online) dilakukan dengan cara guru melakukan penilaian secara online dengan berkoordinasi atau bekerja sama dengan orang tua siswa. Waktu pelaksanaan evaluasi dilakukan pada saat embelajaran online berlangsung,
Kata Kunci: Pendidikan, Pendidikan Karakter, Daring | en_US |