dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menemukan proses formulasi, implementasi dan evaluasi terhadap strategi
kurikulum pendidikan Islam model International Islamic Boarding School di Lembaga Pendidikan Islam
Thursina IIBS Kabupaten Malang. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis
penelitian studi kasus dengan rancangan multi situs, teknik pengumpulan data yaitu: wawancara, observasi, dan
studi dokumen, teknik analisis menggunakan kasus tunggal dan lintas kasus. Hasil penelitian ini adalah: (1)
Formulasi strategi pengembangan kurikulum model International Islamic Boarding School melalui tahapan:
pertama, Strategi input: memadukan kurikulum kepesantrenan, kurikulum nasional serta kurikulum
internasional yaitu Kurikulum Coumbrige, lulusan dari International Islamic Boarding School (IIBS) akan
memiliki piagam Coumbrige, Kedua, Strategi proses: mengembangkan kurikulum melalui penguatan bahasa
(languages) dan pengembangan diri yang berwawasan global (enrichment and extension), ketiga, strategi output:
komitmen pada kualitas lulusan yang berkepribadian Islami (morally eccelent), berwawasan global (internationally minded), dan berjiwa pemimpin (an inspiring leader). (2) Implementasi strategi pengembangan kurikulum
pendidikan Islam model International Islamic Boarding School (IIBS), implementasi kurikulum melalui proses
organizational culture and refocusing the organization dan specialization class (Moslem scholer, entrepreneur,
sciencepreneur, professional) (3) Evaluasi strategi pengembangan kurikulum pendidikan Islam model International
Islamic Boarding School, evaluasi menyesuaikan dengan standart kurikulum perpaduan antara kurikulum
pesantren, nasional, dan internasional, evaluasi dilakukan secara menyeluruh (holistic) mulai dari input, proses,
output, dan outcome dengan melibatkan seluruh stakeholder dalam pengembangan kurikulum. | en_US |