Curriculum Development Strategic Management Model Islamic International Boarding School (IIBS) in Thursina IIBS Malang

Show simple item record

dc.contributor.author Wiyono, Dwi Fitri
dc.date.accessioned 2021-11-19T03:43:39Z
dc.date.available 2021-11-19T03:43:39Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.issn 2528-5092
dc.identifier.uri https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/tadib/article/view/8232
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2595
dc.description [ARCHIVES] Copyright Article from : Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam en_US
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk menemukan proses formulasi, implementasi dan evaluasi terhadap strategi kurikulum pendidikan Islam model International Islamic Boarding School di Lembaga Pendidikan Islam Thursina IIBS Kabupaten Malang. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian studi kasus dengan rancangan multi situs, teknik pengumpulan data yaitu: wawancara, observasi, dan studi dokumen, teknik analisis menggunakan kasus tunggal dan lintas kasus. Hasil penelitian ini adalah: (1) Formulasi strategi pengembangan kurikulum model International Islamic Boarding School melalui tahapan: pertama, Strategi input: memadukan kurikulum kepesantrenan, kurikulum nasional serta kurikulum internasional yaitu Kurikulum Coumbrige, lulusan dari International Islamic Boarding School (IIBS) akan memiliki piagam Coumbrige, Kedua, Strategi proses: mengembangkan kurikulum melalui penguatan bahasa (languages) dan pengembangan diri yang berwawasan global (enrichment and extension), ketiga, strategi output: komitmen pada kualitas lulusan yang berkepribadian Islami (morally eccelent), berwawasan global (internationally minded), dan berjiwa pemimpin (an inspiring leader). (2) Implementasi strategi pengembangan kurikulum pendidikan Islam model International Islamic Boarding School (IIBS), implementasi kurikulum melalui proses organizational culture and refocusing the organization dan specialization class (Moslem scholer, entrepreneur, sciencepreneur, professional) (3) Evaluasi strategi pengembangan kurikulum pendidikan Islam model International Islamic Boarding School, evaluasi menyesuaikan dengan standart kurikulum perpaduan antara kurikulum pesantren, nasional, dan internasional, evaluasi dilakukan secara menyeluruh (holistic) mulai dari input, proses, output, dan outcome dengan melibatkan seluruh stakeholder dalam pengembangan kurikulum. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Bandung en_US
dc.relation.ispartofseries Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam;Vol. 10 (1) 2021, p. 121-142
dc.subject Manajemen Strategik en_US
dc.subject Kurikulum; en_US
dc.subject Islamic International Boarding School en_US
dc.title Curriculum Development Strategic Management Model Islamic International Boarding School (IIBS) in Thursina IIBS Malang en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account