Show simple item record

dc.contributor.authorWiyono, Dwi Fitri
dc.date.accessioned2021-11-19T03:43:39Z
dc.date.available2021-11-19T03:43:39Z
dc.date.issued2021
dc.identifier.issn2528-5092
dc.identifier.urihttps://ejournal.unisba.ac.id/index.php/tadib/article/view/8232
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2595
dc.description[ARCHIVES] Copyright Article from : Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islamen_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menemukan proses formulasi, implementasi dan evaluasi terhadap strategi kurikulum pendidikan Islam model International Islamic Boarding School di Lembaga Pendidikan Islam Thursina IIBS Kabupaten Malang. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian studi kasus dengan rancangan multi situs, teknik pengumpulan data yaitu: wawancara, observasi, dan studi dokumen, teknik analisis menggunakan kasus tunggal dan lintas kasus. Hasil penelitian ini adalah: (1) Formulasi strategi pengembangan kurikulum model International Islamic Boarding School melalui tahapan: pertama, Strategi input: memadukan kurikulum kepesantrenan, kurikulum nasional serta kurikulum internasional yaitu Kurikulum Coumbrige, lulusan dari International Islamic Boarding School (IIBS) akan memiliki piagam Coumbrige, Kedua, Strategi proses: mengembangkan kurikulum melalui penguatan bahasa (languages) dan pengembangan diri yang berwawasan global (enrichment and extension), ketiga, strategi output: komitmen pada kualitas lulusan yang berkepribadian Islami (morally eccelent), berwawasan global (internationally minded), dan berjiwa pemimpin (an inspiring leader). (2) Implementasi strategi pengembangan kurikulum pendidikan Islam model International Islamic Boarding School (IIBS), implementasi kurikulum melalui proses organizational culture and refocusing the organization dan specialization class (Moslem scholer, entrepreneur, sciencepreneur, professional) (3) Evaluasi strategi pengembangan kurikulum pendidikan Islam model International Islamic Boarding School, evaluasi menyesuaikan dengan standart kurikulum perpaduan antara kurikulum pesantren, nasional, dan internasional, evaluasi dilakukan secara menyeluruh (holistic) mulai dari input, proses, output, dan outcome dengan melibatkan seluruh stakeholder dalam pengembangan kurikulum.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Bandungen_US
dc.relation.ispartofseriesTa’dib: Jurnal Pendidikan Islam;Vol. 10 (1) 2021, p. 121-142
dc.subjectManajemen Strategiken_US
dc.subjectKurikulum;en_US
dc.subjectIslamic International Boarding Schoolen_US
dc.titleCurriculum Development Strategic Management Model Islamic International Boarding School (IIBS) in Thursina IIBS Malangen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record