View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Lecturer Papers
  • LP - Faculty of Islamic Studies
  • LP - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Lecturer Papers
  • LP - Faculty of Islamic Studies
  • LP - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Curriculum Development Strategic Management Model Islamic International Boarding School (IIBS) in Thursina IIBS Malang

Thumbnail
View/Open
Document (265.0Kb)
Date
2021
Author
Wiyono, Dwi Fitri
Metadata
Show full item record
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan proses formulasi, implementasi dan evaluasi terhadap strategi kurikulum pendidikan Islam model International Islamic Boarding School di Lembaga Pendidikan Islam Thursina IIBS Kabupaten Malang. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian studi kasus dengan rancangan multi situs, teknik pengumpulan data yaitu: wawancara, observasi, dan studi dokumen, teknik analisis menggunakan kasus tunggal dan lintas kasus. Hasil penelitian ini adalah: (1) Formulasi strategi pengembangan kurikulum model International Islamic Boarding School melalui tahapan: pertama, Strategi input: memadukan kurikulum kepesantrenan, kurikulum nasional serta kurikulum internasional yaitu Kurikulum Coumbrige, lulusan dari International Islamic Boarding School (IIBS) akan memiliki piagam Coumbrige, Kedua, Strategi proses: mengembangkan kurikulum melalui penguatan bahasa (languages) dan pengembangan diri yang berwawasan global (enrichment and extension), ketiga, strategi output: komitmen pada kualitas lulusan yang berkepribadian Islami (morally eccelent), berwawasan global (internationally minded), dan berjiwa pemimpin (an inspiring leader). (2) Implementasi strategi pengembangan kurikulum pendidikan Islam model International Islamic Boarding School (IIBS), implementasi kurikulum melalui proses organizational culture and refocusing the organization dan specialization class (Moslem scholer, entrepreneur, sciencepreneur, professional) (3) Evaluasi strategi pengembangan kurikulum pendidikan Islam model International Islamic Boarding School, evaluasi menyesuaikan dengan standart kurikulum perpaduan antara kurikulum pesantren, nasional, dan internasional, evaluasi dilakukan secara menyeluruh (holistic) mulai dari input, proses, output, dan outcome dengan melibatkan seluruh stakeholder dalam pengembangan kurikulum.
URI
https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/tadib/article/view/8232
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2595
Collections
  • LP - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group