FKUB dan Implementasi Pendidikan Agama Islam Multikultural dalam Mengembangkan Kerukunan Umat Beragama pada Masyarakat Tengger
View/ Open
Date
2021-07-30Author
Noor, Triana Rosalina
Idrus
Ridwan, Mohamad Mujib
Maskuri
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis spirit nilai toleransi dan
Implementasi Pendidikan Agama Islam Multikultural Dalam Mengembangkan Kerukunan Umat
Beragama Pada Masyarakat Tengger. Penelitian ini dilakukan di masyarakat muslim Tengger tepatnya di
Desa Sukapura dan Desa Krucil Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan jenis studi kasus, dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi. Informan dari penelitian ini adalah jajaran FKUB yang merupakan salah satu penggiat
toleransi di Kabupaten Probolinggo. Hasil penelitian ini adalah spirit toleransi yang dikembangkan FKUB
dan tokoh agama setempat melalui Pendidikan Agama Islam Multikultural guna mengembangkan
kerukunan umat beragama telah membawa dampak positif. Masyarakat Tengger yang tinggal di Desa
Sukapura dan Desa Krucil mampu hidup berdampingan dengan damai. Nilai-nilai toleransi tersebut
adalah saling menghormati, kebebasan beragama, menerima keberadaan orang lain dan berpikir positif.
Pada proses implementasinya, proses penanaman spirit toleransi kepada masyarakat Muslim dilakukan melalui kegiatan keagamaan seperti suroan, istighosah, pengajian umum, kegiatan mauludan dan kegiatan
tahlil. Pada kegiatan-kegiatan tersebut, nilai toleransi tersebut diimplikasikan melalui pemberian
pemahaman dan pengetahuan terkait pentingnya spirit toleransi (tolerance knowing), untuk selanjutnya
masyarakat muslim akan bisa merasakan “rasa” dari pentingnya toleransi dalam kehidupan masyarakat
(tolerance feeling) dan pada akhirnya bisa hidup berdampingan dengan orang lain dalam masyarakat
sehingga terciptalah kerukunan umat beragama (tolerance action).
URI
https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/khazanah/article/view/4498http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2606