Show simple item record

dc.contributor.authorCahyanto, Bagus
dc.contributor.authorMaghfirah, Masyinta
dc.contributor.authorHamidah, Nur
dc.date.accessioned2021-11-24T02:57:28Z
dc.date.available2021-11-24T02:57:28Z
dc.date.issued2021
dc.identifier.issn2621-895X
dc.identifier.urihttp://journalfai.unisla.ac.id/index.php/at-thulab/article/view/508
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2620
dc.description[ARCHIVES] Copyright Articles from : At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyahen_US
dc.description.abstractPandemi Covid-19 membawa dampak besar terhadap praktik pembelajaran yang beralih menggunakan metode online. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan, kendala, dan strategi sekolah dalam mengatasi kendala pembelajaran daring di kelas III SD Brawijaya Smart School. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring dilaksanakan dengan memanfaatkan platform dan aplikasi berbasis online yaitu Microsoft Teams. Guru melakukan virtual meeting di awal pembelajaran untuk menyampaikan materi, kemudian memanfaatkan Youtube dan Whatsapp untuk penguatan materi, penugasan, dan penilaian. Kendala-kendala yang muncul diantaranya (a) tidak semua siswa menggunakan handphone secara mandiri, (b) adanya orang tua yang belum mampu mendampingi belajar siswa dengan maksimal, (c) jaringan internet yang kurang stabil, dan (d) terbatasnya waktu yang digunakan dalam pembelajaran daring, sehingga guru kesulitan untuk memantau sikap siswa saat belajar dirumah. Langkah strategis yang sudah dilakukan sekolah yaitu (a) peningkatan kapasitas guru dalam penguasaan teknologi digital, (b) penggunaan media pembelajaran daring yang lebih variatif dan interaktif untuk mengurangi kebosanan belajar siswa, (c) mengupayakan peyampaian materi kepada siswa sehari sebelum pembelajaran, dan (d) melibatkan orang tua siswa secara intensif untuk komunikasi dan koordinasi dalam upaya membantu mengawasi dan mendampingi belajar siswa di rumah.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Lamonganen_US
dc.relation.ispartofseriesAt-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah;Vol 5, No 1, 32-43
dc.subjectPembelajaran Onlineen_US
dc.subjectPandemi Covid-19en_US
dc.subjectSekolah Dasaren_US
dc.titleImplementasi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record