dc.contributor.author | Cahyanto, Bagus | |
dc.contributor.author | Maghfirah, Masyinta | |
dc.contributor.author | Hamidah, Nur | |
dc.date.accessioned | 2021-11-24T02:57:28Z | |
dc.date.available | 2021-11-24T02:57:28Z | |
dc.date.issued | 2021 | |
dc.identifier.issn | 2621-895X | |
dc.identifier.uri | http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/at-thulab/article/view/508 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2620 | |
dc.description | [ARCHIVES] Copyright Articles from : At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | en_US |
dc.description.abstract | Pandemi Covid-19 membawa dampak besar terhadap praktik pembelajaran
yang beralih menggunakan metode online. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan pelaksanaan, kendala, dan strategi sekolah dalam mengatasi kendala
pembelajaran daring di kelas III SD Brawijaya Smart School. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara, observasi, dan
dokumentasi untuk pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pembelajaran daring dilaksanakan dengan memanfaatkan platform dan aplikasi berbasis
online yaitu Microsoft Teams. Guru melakukan virtual meeting di awal pembelajaran
untuk menyampaikan materi, kemudian memanfaatkan Youtube dan Whatsapp untuk
penguatan materi, penugasan, dan penilaian. Kendala-kendala yang muncul diantaranya
(a) tidak semua siswa menggunakan handphone secara mandiri, (b) adanya orang tua
yang belum mampu mendampingi belajar siswa dengan maksimal, (c) jaringan internet
yang kurang stabil, dan (d) terbatasnya waktu yang digunakan dalam pembelajaran
daring, sehingga guru kesulitan untuk memantau sikap siswa saat belajar dirumah.
Langkah strategis yang sudah dilakukan sekolah yaitu (a) peningkatan kapasitas guru
dalam penguasaan teknologi digital, (b) penggunaan media pembelajaran daring yang
lebih variatif dan interaktif untuk mengurangi kebosanan belajar siswa, (c)
mengupayakan peyampaian materi kepada siswa sehari sebelum pembelajaran, dan (d)
melibatkan orang tua siswa secara intensif untuk komunikasi dan koordinasi dalam
upaya membantu mengawasi dan mendampingi belajar siswa di rumah. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Lamongan | en_US |
dc.relation.ispartofseries | At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah;Vol 5, No 1, 32-43 | |
dc.subject | Pembelajaran Online | en_US |
dc.subject | Pandemi Covid-19 | en_US |
dc.subject | Sekolah Dasar | en_US |
dc.title | Implementasi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 | en_US |
dc.type | Article | en_US |