View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Lecturer Papers
  • LP - Faculty of Islamic Studies
  • LP - Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Lecturer Papers
  • LP - Faculty of Islamic Studies
  • LP - Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Implementasi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19

Thumbnail
View/Open
Document (359.4Kb)
Date
2021
Author
Cahyanto, Bagus
Maghfirah, Masyinta
Hamidah, Nur
Metadata
Show full item record
Abstract
Pandemi Covid-19 membawa dampak besar terhadap praktik pembelajaran yang beralih menggunakan metode online. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan, kendala, dan strategi sekolah dalam mengatasi kendala pembelajaran daring di kelas III SD Brawijaya Smart School. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring dilaksanakan dengan memanfaatkan platform dan aplikasi berbasis online yaitu Microsoft Teams. Guru melakukan virtual meeting di awal pembelajaran untuk menyampaikan materi, kemudian memanfaatkan Youtube dan Whatsapp untuk penguatan materi, penugasan, dan penilaian. Kendala-kendala yang muncul diantaranya (a) tidak semua siswa menggunakan handphone secara mandiri, (b) adanya orang tua yang belum mampu mendampingi belajar siswa dengan maksimal, (c) jaringan internet yang kurang stabil, dan (d) terbatasnya waktu yang digunakan dalam pembelajaran daring, sehingga guru kesulitan untuk memantau sikap siswa saat belajar dirumah. Langkah strategis yang sudah dilakukan sekolah yaitu (a) peningkatan kapasitas guru dalam penguasaan teknologi digital, (b) penggunaan media pembelajaran daring yang lebih variatif dan interaktif untuk mengurangi kebosanan belajar siswa, (c) mengupayakan peyampaian materi kepada siswa sehari sebelum pembelajaran, dan (d) melibatkan orang tua siswa secara intensif untuk komunikasi dan koordinasi dalam upaya membantu mengawasi dan mendampingi belajar siswa di rumah.
URI
http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/at-thulab/article/view/508
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2620
Collections
  • LP - Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group