Peningkatan Mutu Sumber Daya Manusia Lembaga Pendidikan Islam Berbasis Sustainable Development Goals Di Yayasan Pendidikan Anak Saleh Kota Malang
Abstract
Dinamika perkembangan lembaga pendidikan di Inonesia tidak dapat
dibendung, apalagi membatasi pesatnya perkembangan lembaga. Tidak
sedikit lembaga gulung tikar karena kurang minatnya masyarakat untuk
menyekolahkan anaknya. Persoalan pada dasarnya menyangkut tentang
mutu lembaga khususnya sumber daya manusia yang berperan menjadi
subjek atau pengelola lembaga. Bagi lembaga bermutu dapat dipastikan
tidak digusur oleh perkembangan global dan tuntutan masyarakat
terhadap pendidikan berkualitas. Metode penelitian artikel ini adalah
penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Jenis
penelitiannya adalah studi kasus dengan dengan desain multi kasus
mengingat dipilihnya dua lembaga penelitian walaupun satu naungan,
yaitu pendidikan anak usia dini dan sekolah dasar Anak Saleh Kota
Malang. Hasil penelitian menunjukkan pendidikan anak usia dini memiliki
empat strategi dalam peningkatan mutu sumber daya manusia,
diantaranya: pelatihan, pengembangan profesionalitas, pengembangan
karir, dan penilaian kinerja. Salah satu dari keempat strategi tersebut
terdapat tema pengembangan suber daya manusia melalui workshop
tentang tanggung jawab karyawan di sekolah dan keluarga. Sementara di
Sekolah Dasar Anak Saleh memiliki tiga strategi pengembangan sumber
daya manusia, yaitu: monitoring, evaluasi, dan tindak lanjut. Diantara
ketiga strategi ini salah satu desain kegiatannya adalah pemberian
penghargaan pada karyawan melalui bulan karyawan dan guru termasuk
pelibatan orang tua dalam program tindak lanjut.
URI
https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/evaluasi/article/view/634http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2621