Show simple item record

dc.contributor.authorHakim, Dhikrul
dc.date.accessioned2021-12-08T03:43:16Z
dc.date.available2021-12-08T03:43:16Z
dc.date.issued2021-04-20
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2695
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan, menganalisis dan menginterpretasikan nilai-nilai multikultural yang terdapat dalam proses pembelajaran PAI. Proses internalisasi nilai-nilai multikultural dalam proses pembelajaran PAI. Model internalisasi nilai-nilai multikultural dalam proses pembelajaran PAI di SMK Muhammadiyah 1 Ngoro. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan pendekatan etnografi realis Crasswell. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik penentuan informan dengan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Adapun teknik analisis data menggunakan teknik analisis J.Spreadly, yang melakukan analisis dengan empat langkah yakni analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial, dan analisis tema budaya. Sedangkan Teknik uji keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi sumber, metode, dan teori. Hasil Penelitian ini adalah pertama nilai-nilai multikultural yang terdapat dalam proses pembelajaran PAI di SMK Muhammadiyah 1 Ngoro adalah nilai jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif. Kedua proses internalisasi nilai-nilai multikultural dalam proses pembelajaran PAI di SMK Muhammadiyah 1 Ngoro Jombang melalui tiga proses berbeda dalam internalisasi nilai ini yakni proses melalui keteladanan, guru menjadi model atau suri teladan bagi siswa. Melalui Pembiasaan, doa di awal pelajaran, pembiasaan sholat dhuha berjamaah, sholat dhuhur berjamaah, dan sholat jum’at berjamaah, budaya hidup bersih dan sehat, budaya 3S (Senyum,Salam,Salim). Membudayakan sikap terampil dan mandiri. Melalui kesetaraan dalam pergaulan dengan sikap demokratis, sikap kebersamaan, sikap menghargai perbedaan dan keragaman dalam pergaulan. ketiga model internalisasi nilai-nilai multikultural dalam proses pembelajaran PAI di SMK Muhamadiyah 1 Ngoro Jombang berdasarkan data dan analisis peneliti. Temuan teoritik penelitian ini bahwa internalisasi nilai-nilai multikultural dalam proses pembelajaran PAI di SMK Muhamadiyah 1 Ngoro Jombang adalah Model Lintas Budaya dan Agama ( Cross Culture and Religion). Ada tiga bentuk yakni dengan proses pembelajaran PAI dengan memasukkan kurikulum K13 pada mata pelajaran dengan nilai multikultural sebagaimana dalam kompetensi inti dan kompetensi dasarnya. Dengan Pembiasaan ( habit forming) Pembelajaran yang konsisten dan terprogram: Konsisten dalam pembinaan akhlak, kemampuan bahasa dan beribadah. Terprogram menjalankan kegiatan pembinaan secara rutin dan periodik . Dengan Peneladanan. Keteladan guru dalam akhlak, adab, dan kebiasaan baik yang diajarkan dan dibiasakan dengan contoh nyata dipraktikkan siswa disekolah sampai kembali kerumah. Kata Kunci: Internalisasi Nilai, Nilai Multikultural, Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Islam Multikulturalen_US
dc.subjectInternalisasi Nilaien_US
dc.subjectNilai Multikulturalen_US
dc.subjectProses Pembelajaran Pendidikan Agama Islamen_US
dc.titleInternalisasi Nilai-Nilai Multikultural Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ( Studi Etnografi di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Ngoro Kabupaten Jombang)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record