Show simple item record

dc.contributor.authorAbsor, Ulil
dc.date.accessioned2021-12-08T03:53:00Z
dc.date.available2021-12-08T03:53:00Z
dc.date.issued2021-08-16
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2702
dc.description.abstractPerkembangan pesat industrialisasi dan kapitalisme global akhir-akhir ini dinilai telah menggiring manusia menjauh dari dunia religius dan spiritualnya. Krisis etika dan moral sebagai akibat dari kurang efektifnya proses sosialisasi atau internalisasi sikap- sikap dan nilai- nilai Islam dalam proses pemebelajaran atau akibat dipisahkannya urusan agama dan dunia. pelaksanaan dilapangan belum mampu menyentuh substansi permasalahan karakter yang sesungguhnya. Namun, secara perlahan perubahan terjadi dengan menerapkan metode pembiasaan yang dilakukan pihak sekolah baik secara langsung maupun secara tidak langsung melalui kegiatan siswa-siswi. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) menganalisis nilai-nilai religius melalui metode pembiasaan di MTs As-shomadiyah Singkawang (2) menganalisis proses impelementasi nilai-nilai religius dalam membangun karakter siswa di MTs As-shomadiyah Singkawang (3) mengkaji dan menganalisis model implementasi nilai-nilai religius dalam membangun karakter siswa di MTs As shomadiyah Singkawang Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara terstruktur, observasi partisipan, dan dokumentasi. Hasil penelitian tentang implementasi nilai-nilai religius melalui metode pembiasaan dalam membangun karakter siswa di MTs As-shomadiyah Singkawang menunjukkan bahwa: (1) Nilai-Nilai religius yang diterapkan di MTs As-shomadiyah terdiri dari nilai ilahiyah yaitu nilai ketaqwaan, dan nilai insaniyah yang terdiri dari nilai sopan santun, nilai toleransi dan kerukunan, nilai tenggang rasa, nilai kepedulian dan nilai kedisiplinan dalam berpakaian dan waktu. (2) proses implementasi nilai-nilai religius di MTs As-shomadiyah Singkawang diterapkan melalui kegiatan pengembangan diri, kegiatan bidang studi (intrakurikuler) dan kegiatan ekstrakurikuler sekolah dengan dua metode pembiasaan yaitu pembiasaan bersifat pengkondisian dan pembiasaan insidental (3) model implementasi nilai-nilai religius yang diimplementasikan di MTs As shomadiyah yaitu menggunakan model integrasi. Kata Kunci : Nilai-nilai Religius, Metode Pembiasaan, Karakter Siswaen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectNilai-nilai Religiusen_US
dc.subjectMetode Pembiasaanen_US
dc.subjectKarakter Siswaen_US
dc.titleImplementasi nilai-nilai religius melalui metode Pembiasaan dalam membangun karakter siswa di MTs As-shomadiyah Singkawangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record