View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Implementasi nilai-nilai religius melalui metode Pembiasaan dalam membangun karakter siswa di MTs As-shomadiyah Singkawang

Thumbnail
View/Open
S2_PASCASARJANA_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_21902011008_ULILABSOR.pdf (1.405Mb)
Date
2021-08-16
Author
Absor, Ulil
Metadata
Show full item record
Abstract
Perkembangan pesat industrialisasi dan kapitalisme global akhir-akhir ini dinilai telah menggiring manusia menjauh dari dunia religius dan spiritualnya. Krisis etika dan moral sebagai akibat dari kurang efektifnya proses sosialisasi atau internalisasi sikap- sikap dan nilai- nilai Islam dalam proses pemebelajaran atau akibat dipisahkannya urusan agama dan dunia. pelaksanaan dilapangan belum mampu menyentuh substansi permasalahan karakter yang sesungguhnya. Namun, secara perlahan perubahan terjadi dengan menerapkan metode pembiasaan yang dilakukan pihak sekolah baik secara langsung maupun secara tidak langsung melalui kegiatan siswa-siswi. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) menganalisis nilai-nilai religius melalui metode pembiasaan di MTs As-shomadiyah Singkawang (2) menganalisis proses impelementasi nilai-nilai religius dalam membangun karakter siswa di MTs As-shomadiyah Singkawang (3) mengkaji dan menganalisis model implementasi nilai-nilai religius dalam membangun karakter siswa di MTs As shomadiyah Singkawang Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara terstruktur, observasi partisipan, dan dokumentasi. Hasil penelitian tentang implementasi nilai-nilai religius melalui metode pembiasaan dalam membangun karakter siswa di MTs As-shomadiyah Singkawang menunjukkan bahwa: (1) Nilai-Nilai religius yang diterapkan di MTs As-shomadiyah terdiri dari nilai ilahiyah yaitu nilai ketaqwaan, dan nilai insaniyah yang terdiri dari nilai sopan santun, nilai toleransi dan kerukunan, nilai tenggang rasa, nilai kepedulian dan nilai kedisiplinan dalam berpakaian dan waktu. (2) proses implementasi nilai-nilai religius di MTs As-shomadiyah Singkawang diterapkan melalui kegiatan pengembangan diri, kegiatan bidang studi (intrakurikuler) dan kegiatan ekstrakurikuler sekolah dengan dua metode pembiasaan yaitu pembiasaan bersifat pengkondisian dan pembiasaan insidental (3) model implementasi nilai-nilai religius yang diimplementasikan di MTs As shomadiyah yaitu menggunakan model integrasi. Kata Kunci : Nilai-nilai Religius, Metode Pembiasaan, Karakter Siswa
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2702
Collections
  • MT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group