Implementasi nilai-nilai religius melalui metode Pembiasaan dalam membangun karakter siswa di MTs As-shomadiyah Singkawang
Abstract
Perkembangan pesat industrialisasi dan kapitalisme global akhir-akhir ini
dinilai telah menggiring manusia menjauh dari dunia religius dan spiritualnya.
Krisis etika dan moral sebagai akibat dari kurang efektifnya proses sosialisasi atau
internalisasi sikap- sikap dan nilai- nilai Islam dalam proses pemebelajaran atau
akibat dipisahkannya urusan agama dan dunia. pelaksanaan dilapangan belum
mampu menyentuh substansi permasalahan karakter yang sesungguhnya. Namun,
secara perlahan perubahan terjadi dengan menerapkan metode pembiasaan yang
dilakukan pihak sekolah baik secara langsung maupun secara tidak langsung
melalui kegiatan siswa-siswi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) menganalisis nilai-nilai
religius melalui metode pembiasaan di MTs As-shomadiyah Singkawang (2)
menganalisis proses impelementasi nilai-nilai religius dalam membangun karakter
siswa di MTs As-shomadiyah Singkawang (3) mengkaji dan menganalisis model
implementasi nilai-nilai religius dalam membangun karakter siswa di MTs As shomadiyah Singkawang
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis
penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan
wawancara terstruktur, observasi partisipan, dan dokumentasi.
Hasil penelitian tentang implementasi nilai-nilai religius melalui metode
pembiasaan dalam membangun karakter siswa di MTs As-shomadiyah
Singkawang menunjukkan bahwa: (1) Nilai-Nilai religius yang diterapkan di
MTs As-shomadiyah terdiri dari nilai ilahiyah yaitu nilai ketaqwaan, dan nilai
insaniyah yang terdiri dari nilai sopan santun, nilai toleransi dan kerukunan, nilai
tenggang rasa, nilai kepedulian dan nilai kedisiplinan dalam berpakaian dan
waktu. (2) proses implementasi nilai-nilai religius di MTs As-shomadiyah
Singkawang diterapkan melalui kegiatan pengembangan diri, kegiatan bidang
studi (intrakurikuler) dan kegiatan ekstrakurikuler sekolah dengan dua metode
pembiasaan yaitu pembiasaan bersifat pengkondisian dan pembiasaan insidental
(3) model implementasi nilai-nilai religius yang diimplementasikan di MTs As shomadiyah yaitu menggunakan model integrasi.
Kata Kunci : Nilai-nilai Religius, Metode Pembiasaan, Karakter Siswa