Pendidikan Karakter Berbasis Teknologi Informasi di LKSA Nurul Falah Mojokerto

Show simple item record

dc.contributor.author Lutfiyah, Muchibbatul
dc.date.accessioned 2021-12-09T06:08:23Z
dc.date.available 2021-12-09T06:08:23Z
dc.date.issued 2021-03-29
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2725
dc.description.abstract Pendidikan Karakter bertujuan untuk membentuk kepribadian anak melalui pendidikan, pembiasaan dan pengawasan. Pendidikan Karakter anak tidak selamanya dibentuk dalam lingkungan keluarga, khususnya untuk anak yang tinggal dalam suatu lembaga atau Panti asuhan. Lembaga pengganti fungsi orang tua (keluarga) yang memiliki peran dan posisi sejenis salah satunya Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA) yang dikembangkan sebagai lembaga untuk memberikan pelayanan kesejahteraan anak. Panti asuhan sebagai suatu lembaga untuk membentuk perkembangan anak-anak yang tidak memiliki keluarga ataupun yang tidak tinggal bersama dengan keluarga.. Panti asuhan atau lembaga kesejahteraan sosial anak adalah Lembaga yang ditujukan bagi kesejahteraan anak dengan menyediakan tempat tinggal, pengasuhan dan pendidikan bagi anak yang kurang mampu, anak yatim / piatu ataupun anak yang terlantar Teknologi Informasi adalah suatu alat untuk berkomunikasi dengan membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan, dan menyebarkan informasi. Di era globalisasi ini teknologi informasi berkembang sangat pesat, khususnya dalam bidang pendidikan karakter. Dalam lembaga swasta khususnya pondok pesantren ataupun panti asuhan mulai mengembangkan teknologi informasi yaitu melalui internet, khususnya di dalam Lembaga Kesejahteraan Nurul Falah Mojokerto. Pengembangan ini bertujuan untuk membentuk Karakteristik anak asuhnya agar menjadi pribadi yang berakhlaqul karimah dan mempunyai skill dalam bidang masing-masing. Penelitian yang penulis lakukan adalah termasuk dalam penelitian kualitatif deskriptif, dan dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitalif yaitu berupa data-data yang tertulis atau yang tidak tertulis dari orang atau prilaku yang diamati sehingga mampu menggambarkan pendidikan karakter berbasis teknologi Informasi yang sebenarnya terjadi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa karakteristik anak panti asuhan Nurul Falah sangatlah baik karena pembentukan dan pembiasaan yang diberikan didalam panti sangantlah intensif atau secara penuh. Pendidikan karakter dalam pembentukan pembiasaan karakter anak yaitu dengan melakukan pembentukan dan pembiasaan yang membeda-bedakan umur mereka yaitu mulai dari TK, SD, SMP, dan SMA. Dengan demikian dalam pendidikan karakternya mereka juga berbeda. Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Panti Asuhan/ LKSA. Teknologi Informasi en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pendidikan Karakter en_US
dc.subject Panti Asuhan/ LKSA en_US
dc.subject Teknologi Informasi en_US
dc.title Pendidikan Karakter Berbasis Teknologi Informasi di LKSA Nurul Falah Mojokerto en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account