Show simple item record

dc.contributor.authorTajdidiyah, Afidatus Shoimatut
dc.date.accessioned2021-12-16T02:06:38Z
dc.date.available2021-12-16T02:06:38Z
dc.date.issued2021-07-16
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2762
dc.description.abstractMetode pembelajaran yang selama ini diterapkan oleh guru membuat siswa menjadi pasif, hal ini menyebabkan siswa merasa bosan dan kurang termotivasi pada metode yang diterapkan serta siswa kurang menyerap materi yang diajarkan, sehingga hasil belajar siswa menjadi rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan metode mind mapping. Metode mind mapping adalah sebuah metode mencatat yang baik, membantu, mengingat perkataan serta meningkatkan pemahaman terhadap materi. Fokus penelitian yang dibahas dalam skripsi ini, yaitu, kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan penerapan metode mind mapping dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode mind mapping pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas VII MTs Al-Qudsiyah Klotok Plumpang Tuban, kelebihan dan kekurangan pada penerapan metode mind mapping. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan jenis penelitian partisipan yang berarti peneliti terlibat langsung dalam penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes soal, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. Pertama, adanya peningkatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran pada setiap siklus. Siklus I yaitu dengan persentase 80% (cukup), dan pada siklus II meningkat hingga 94% (sangat baik). Kedua, peningkatan hasil tes belajar siklus I terdapat 17 siswa (51%) mencapai nilai tuntas, dan 16 siswa (48%) belum tuntas, Pada siklus II terdapat 28 siswa (84%) mencapai nilai tuntas, dan 5 siswa (15%) belum tuntas, kategori ketuntasan belajar siswa pada pembelajaran ini adalah jika nilai mencapai 75%. Ketiga, Kelebihan dan kekurangan dari metode pembelajaran mind mapping yaitu: teknik meringkas cacatan yang fleksibel, dapat memusatkan perhatian, meningkatkan pemahaman siswa, dan Menyenangkan. kekurangannya yaitu, hanya siswa aktif yang terlibat dan tidak sepenuhnya terjadi proses. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-A MTs Al Qudsiyah Klotok Plumpang Tuban. Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Mind Mipping, Meningkatkan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectMetode Pembelajaranen_US
dc.subjectMind Mippingen_US
dc.subjectMeningkatkan hasil belajar siswaen_US
dc.titlePenerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII MTS Al– Qudsiyah Klotok Plumpang Tubanen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record