dc.description.abstract | Guru sangat berperan penting dalam Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam, karena guru memiliki peran untuk membuat ilmu-ilmu yang diajarkan dapat diterima oleh peserta didik. Tak hanya berperan untuk mengajarkan ilmu saja, banyak sekali peran guru dalam proses pembelajaran salah satunya ialah sebagai komunikator dan fasilitator. Guru Pendidikan Agama Islam sebagai komunikator dan fasilitator harus berusaha dalam membina dan berkomitmen dalam menjalankan kewajibannya untuk membantu peserta didik dalam proses pembelajaran.
Fokus penelitian yang akan peneliti bahas dalam peelitian ini yaitu: : bagaimana peran guru sebagai komunikator dan fasilitator dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang, bagaimana guru berperan sebagai komunikator dan dalam pembelajaran PAI di SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang, bagaimana guru berperan sebagai fasilitator dan dalam pembelajaran PAI di SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang, apa saja faktor penunjang dan penghambat dalam pembelajaran PAI di SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang.
Tujuan Penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan bagaimana peran guru sebagai komunikator dan fasilitator dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang, 2) mendeskripsikan bagaimana guru berperan sebagai komunikator dan dalam pembelajaran PAI di SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang,3) mendeskripsikan bagaimana guru berperan sebagai fasilitator dan dalam pembelajaran PAI di SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang, 4) mendeskripsikan apa saja faktor penunjang dan penghambat dalam pembelajaran PAI di SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif studi kasus yaitu berupa riset sosial untuk menyelidiki, memahami, dan meneliti suatu masalah yang akan dilakukan dengan cara mengumpulkan berbagai informasi yang akan diolah dan menghasilkan suatu solusi dan Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan berupa sumber data prime dan sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan menggunakan bahan referensi.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Peran Guru sebagai komunikator dan fasilitator dalam proses pembelajaran Pendidikan agama islam di SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang, terdapat faktor-faktor penunjang dan penghambat dalam pelaksanaannya. faktor penunjang guru sebagai komunikator dan fasilitator dalam pembelajaran Pendidikan agama islam yaitu: dalam menciptakan iklim komunikatif yang baik guru berupaya untuk mengelola SDM Peserta didik agar bisa mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik, guru menyediakan fasilitas dan media pembelajaran yang dibutuhkan dalam mengajar. sedangkan faktor penghambat guru sebagai komunikator dan fasiltator dalam pembelajaran pendidikan agama islam yaitu : Peserta didik terlihat sering tidak berkonsentrasi dalam mengikuti pembelajaran seperti bosan, mengantuk, berbicara sendiri dan juga faktor dari pengalaman guru sebagai fasilitator dalam menjalankan fasilitas pembelajaran kurang sesuai yang diharapkan oleh peserta didik. penelitian ini terfokus pada dua peran, yaitu : guru sebagai komunikator, guru sebagai fasilitator. Kata Kunci: Peran Guru, Komunikator dan Fasilitator, Pendidikan Agama Islam | en_US |