Show simple item record

dc.contributor.authorChomariyah, Fifin Nur Alfi
dc.date.accessioned2021-12-20T01:50:25Z
dc.date.available2021-12-20T01:50:25Z
dc.date.issued2021-04-27
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2792
dc.description.abstractPencapaian keberhasilan dari tujuan pendidikan yaitu diupayakan melalui berbagai program dan inovasi pendidikan yang harus dikembangkan. Salah satu pendidikan terkait akhlak adalah pendidikan akhlakul karimah yaitu pendidikan yang memberikan pengajaran tentang tindakan atau perilaku yang positif seseorang dalam kehidupannya di masyarakat, sehingga pendidikan ini mempunyai posisi yang utama dan diprioritaskan untuk diperoleh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan agama islam dalam membentuk akhlakul karimah yang mana ada bagaimana perencanaan pembelajaran pendidikan agama islam dalam membentuk akhlakul karimah di SMP Negeri 2 Lawang, bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama islam dalam membentuk akhlakul karimah di SMP Negeri 2 Lawang, dan bagaimana model pembelajaran pendidikan agama islam dalam membentuk akhlakul karimah di SMP Negeri 2 Lawang. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Tekhnik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan tekhnik analisis data meliputi pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi sumber dan diskusi teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam dalam perencanaan Pendidikan Agama Islam dalam membentuk akhlakul karimah ini bahwa yang namanya akhlak berasal dari pembiasaan bisa yang dari rumah di bawa ke sekolah. Sedangkan dalam proses pelaksanaan guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk akhlakul karimah bahwa pelaksanaan berjalan dengan lancar, tertib dan seluruh siswa melaksanakan sholat dhuha. Dalam model Pendidikan Agama Islam dalam membentuk akhlakul karimah disini guru menggunakan metode ceramah dan metode praktik. Perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dilakukan dengan merumuskan tujuan dan merancang macam kegiatan yang akan dilakukan. Proses pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Lawang ini berjalan dengan lancar dan sangat mentaati peraturan yang berlaku. Model pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membentuk akhlakul karimah melukiskan prosedur sistematis dan terencana dalam mengorganisasikan proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai secara maksimal. Saran terkait implementasi Pendidikan Agama Islam dalam membentuk akhlakul karimah yang lebih baik lagi kedepannya yaitu untuk terus menerapkan kepada siswa bahwa akhlak yang baik sangat disenangi oleh Allah SWT dan manusia yang lainnya. Kata Kunci : Implementasi, Pendidikan Agama Islam, Akhlakul Karimahen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectAkhlakul Karimahen_US
dc.titleImplementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Akhlakul Karimah di SMP Negeri 2 Lawangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record