Show simple item record

dc.contributor.authorIstiana, Tyas
dc.date.accessioned2021-12-20T01:51:49Z
dc.date.available2021-12-20T01:51:49Z
dc.date.issued2021-06-30
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2793
dc.description.abstractAl-Qur’an dan Hadits ialah sumber ajaran agama Islam sekaligus pedoman hidup bagi orang islam. Al-Qur’an adalah kalam Allah SWT yang memiliki fungsi utama sebagai petunjuk bagi umat manusia. Setiap orang muslim baik laki-laki maupun perempuan memiliki kewajiban dan tanggung jawab terhadap kitab suci Al-Qur’an yakni mempelajari mengajarkannya. Sebagaimana kegiatan belajar mengajar membaca Al-Qur’an yang dilakukan d TPQ Firqotul Ghonna Sananrejo Turen, akan tetapi dalam sebuah proses pembelajaran Al-Qur’an tentunya tidak terlepas dari beberapa permasalahan. Adanya suatu permasalahan tersebut dapat disebabkan karena factor dari dalam individu maupun faktor dari luar individu itu sendiri, sehingga dapat mempengaruhi kemampuan santri dalam membaca Al-Qur’an. Berdasarkan latar belakang di atas peneliti merumuskan fokus penelitian antara lain bagaimana proses penerapan metode Bil Qolam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Firqotul Ghonna Sananrejo Turen Malang, bagaimana peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an pada santri Firqotul Ghonna menggunakan metode Bil Qolam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses penerapan metode Bil Qolam untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada santri TPQ Firqotul Ghonna Sananrejo Turen, dan mengetahui peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan menerapkan metode Bil Qolam pada santri TPQ Firqotul Ghonna . Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif model desain penelitian Kemmis dan Taggart yang bertujuan untuk mendapatkan siklus pembelajaran yang representatif sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Pelaksanaan penelitian tindakan di TPQ Firqotul Ghonna ini dilakukan selama dua siklus dengan menerapkan metode Bil Qolam dalam pembelajarannya, dimana dengan metode ini lebih menekankan pada talqin dan taqlid sehingga proses pembelajaran berpusat pada guru dan peserta didik atau santri. 2) Adanya peningkatan membaca Al Qur’an menggunakan metode Bil Qolam pada santri TPQ Firqotul Ghonna. Adapun peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil belajar santri pada pembelajaran Al-Qur’an dari kegiatan pra siklus sebesar 42,2%, pada kegiatan siklus I hasil belajar meningkat menjadi 57,8% dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 84,2%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Bil Qolam dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada santri TPQ Firqotul Ghonna. Kata Kunci : Al-Qur’an, Bil Qolam, Kemampuan Membaca  en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectAl-Qur’anen_US
dc.subjectBil Qolamen_US
dc.subjectKemampuan Membaca  en_US
dc.titlePenerapan Metode Bil Qolam Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Santri TPQ Firqotul Ghonna Sananrejo Turen Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record