dc.description.abstract | Munculnya paradigma baru dalam proses pembelajaran yang belum banyak diketahui oleh para pendidik sebagian dari mereka masih beranggapan bahwa pembelajaran tetap dilaksanakan secara tatap muka seperti pada umumnya. Pemanfaatan teknologi yang tepat dalam proses pembelajaran akan sangat membantu keefektifan dan efisiensi dalam proses pembelajaran, seperti halnya penggunan media pembelajaran.
SMK Islam An Nuuru dalam pembelajaran online menggunakan aplikasi Google Classroom. Menurut guru-guru aplikasi tersebut lebih efesien di gunakan dalam pembelajaran daring karena terdapat halaman dan fitur yang begitu mudah di lakukan dengan guru ataupun siswa-siswi yang menggunakan aplikasi Google Classroom. Dan mempermudah memberikan mengeshare tugas dan materi seperti foto, vidio, dokumen, mengelola dan membuat kelas, menambah materi tugas, menilai dan mengembalikan tugas dari aplikasi tersebut..
Berdasarkan konteks penelitian maka peneliti merumuskan fokus penelitian, dirumuskan sebagai berikut: (1) Bagaimana perencanaan media pembelajaran berbasis google classroom pada masa pandemi covid-19 di SMK Islam An-Nuuru Tirtoyudo Malang? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran berbasis google classroom pada masa pandemi covid-19 di SMK Islam An-Nuuru Tirtoyudo Malang? (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi media pembelajaran berbasis google classroom pada masa pandemi covid-19 di SMK Islam An-Nuuru Tirtoyudo Malang?.
Berdasarkan konteks penelitian maka peneliti merumuskan tujuan penelitian, dirumuskan sebagai berikut: (1) Untuk memahami perencanaan media pembelajaran berbasis google classroom pada masa pandemi covid-19 di SMK Islam An-Nuuru Tirtoyudo Malang. (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan media pembelajaran berbasis google classroom pada masa pandemi covid-19 di SMK Islam An-Nuuru Tirtoyudo Malang. (3) Untuk indikator faktor pendukung dan penghambat media pembelajaran berbasis google classroom pada masa pandemi covid-19 di SMK Islam An-Nuuru Tirtoyudo Malang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian studi kasus dengan tempat penelitian di SMK Islam An Nuuru Tirtoyudo Malang. Pengumpulan data dilakukan antara lain dengan mengunakan metode observasi, wawancara serta metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara merangkum data yang penting kemudian ditarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan wawancara mendalam, pengamatan lebih lama, diskusi teman sejawat dan tringulasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti dapat mengambil kesimpulan tentang Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Google Classroom Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMK Islam An Nuuru Tirtoyudo Malang, sebagai berikut: (1) Perencanaan pembelajaran google classroom dalam pelajaran PAI di SMK Islam An Nuuru Tirtoyudo yaitu dilakukan berdasarkan RPP yang sudah di tetapkan oleh sekolah yang lebih ringkas yaitu penggunaan RPP jarak jauh satu lembar sesuai dengan anjuran yang diberikan oleh pemerintah. (2) Penerapan pembelajaran google classroom dalam pelajaran PAI di SMK Islam An Nuuru Tirtoyudo yang mana dalam penerapannya tentu tidak akan lepas dari beberapa indikator sebagai berikut: (a) Test awal yang di terapkan dengan penjadwalan yang baik agar komponen-komponen tersebut dapat terlaksana secara merata dan tidak saling bentrok. (b) Pembentukan komponen yang digunakan oleh guru antara lain, google class room dan google form. (c) Test akhir yang digunakan yaitu dengan menggunakan buku paket Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti serta video pembelajaran dari youtube. (d) Metode pembelajaran yang di terapkan yaitu terdapat empat tahapan yang digunakan pada literasi digital dalam mata pelajaran PAI yang digunakan oleh guru dengan langkah-langkah yang sistematis agar pembelajaran daring dapat dilakukan sesuai dengan tujuan yang diharapkan. (e) Evaluasi pembelajaran diharapkan dapat mendorong guru untuk mengajar lebih baik dan mendorong siswa untuk belajar lebih baik. (3) Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti terkait dengan faktor pendukung dan penghambat google classroom dalam pembelajaran PAI di SMK Islam An Nuuru Tirtoyudo Malang sebagai berikut: (a) Faktor pendukung, bahwa faktor yang mendukung literasi digital dalam mata pelajaran PAI yaitu fasilitas dan sarana sekolah yang memadai untuk memaksimalkan kegiatan belajar mengajar dengan literasi digital seperti wifi, dan multimedia class, selain itu di SMK Islam An Nuuru Tirtoyudo memiliki website yang digunakan untuk media promosi sekolah. (b) Sedangkan faktor-faktor yang menghambat literasi digital yaitu kondisi sebagian siswa yang bermukim di pesantren sehingga membatasi ruang gerak siswa dalam mengakses referensi digital. Tidak meratanya kompetensi siswa dalam menganalisis dan menyimpulkan referensi digital selama pembelajaran daring dan kurangnya kedisiplin siswa dalam mengerjakan literasi sesuai waktu sehingga menghambat rencana ketuntasan kegiatan belajar mengajar. | en_US |