Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Siswa di SMP Negeri 2 Turen Malang

Show simple item record

dc.contributor.author Asiqin, Achmad Riza Nabil
dc.date.accessioned 2021-12-20T02:04:46Z
dc.date.available 2021-12-20T02:04:46Z
dc.date.issued 2021-07-10
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2798
dc.description.abstract Perubahan zaman telah merubah gaya hidup seseorang terutama dikalangan remaja kebanyakan remaja sangat aktif dalam memanfaatkan teknologi yang ditawarkan di era globalisasi saat ini. Kehidupan remaja saat ini sering dihadapkan pada permasalahan yang begitu kompleks dan hal ini perlu mendapat perhatian. Salah satu masalah yang dihadapi saat ini adalah semakin menurunnya tata krama kehidupan sosial dan etika moral remaja dalam praktik kehidupan baik itu dalam sekolah, rumah, maupun lingkungan masyarakat. Seperti yang kita temui terjadi banyak kasus penyimpangan norma, baik itu norma agama maupun sosial, berupa tawuran, pembunuhan, penyalahgunaan narkotika serta perilaku negatif lainnya. Pembinaan akhlak menjadi sangat penting dalam usaha mencegah efek negatif dari perkembangan zaman. Berdasarkan konteks penelitian maka peneliti merumuskan fokus penelitian, yaitu tentang (1) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa di SMP Negeri 2 Turen Malang? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat yang di alami guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa di SMP Negeri 2 Turen Malang? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan peran guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa di SMP Negeri 2 Turen Malang. (2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat yang di alami guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa di SMP Negeri 2 Turen Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian studi kasus dengan tempat penelitian di SMP Negeri 2 Turen Malang. Pengumpulan data dilakukan antara lain dengan mengunakan metode observasi, wawancara serta metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara merangkum data yang penting kemudian ditarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan wawancara mendalam, pengamatan lebih lama, diskusi teman sejawat dan tringulasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat mengmabil kesimpulan tentang peran guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa di SMP Negeri 2 Turen Malang, Peran guru pendidikan Agama Islam yang harus dilakukan yaitu: (1) Memberikan bimbingan terhadap siswa (2) Adanya materi akhlak, Melakukan absensi sholat jamaah (3) Adanya hukuman, (4) Memberikan nasehat dan (5) Kegiatan keagamaan. Berdasarkan faktor pendukung yaitu: (1) Keteladanan guru (2) Fasilitas dan adanya dukungan orang tua. Sedangkan faktor penghamabat yaitu kurangnya kedisiplinan siswa dan sering menyepelekan nasehat guru. en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Peran en_US
dc.subject Guru Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Pembinaan Akhlak en_US
dc.title Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Siswa di SMP Negeri 2 Turen Malang en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account