Show simple item record

dc.contributor.authorMukhtar, Adillah Salsabilah
dc.date.accessioned2021-12-20T02:07:08Z
dc.date.available2021-12-20T02:07:08Z
dc.date.issued2021-07-12
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2799
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan di MI Tarbiyatus Shibyan Kemantren. Di sekolah ini peneliti melakukan pengamatan melalui observasi yang akhirnya menemukan permasalahan tentang pendidikan karakter yang ditanamkan oleh pihak madrasah terhadap siswanya. Karakter religius yang sangat ditekankan oleh kepala sekolah kepada para siswa agar sesuai dengan visi madrasah. Pendidikan karakter menjadi hal yang penting dalam dunia pendidikan khususnya di tingkat sekolah dasar Dari latar belakang di atas maka peneliti merumuskan masalah yakni tentang bagaimana desain pembelajaran MI Tarbiyatus Shibyan dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter dan bagaimana pelaksanaan pembelajaran menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter di masa pandemi era disrupsi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan desain pembelajaran MI Tarbiyatus Shibyan dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter di masa pandemi era disrupsi dan pelaksanaan pembelajaran menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter di masa pandemi era disrupsi. Untuk mencapai tujuan di atas, maka penelitian dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, yakni proses sistematis dalam mencatat dan merekam berbagai peristiwa, sikap, dan perilaku yang diamati. Metode wawancara, yakni metode pengumpulan data dengan menggunakan tanya jawab secara lisan dengan sumber penelitian. Dan metode dokumentasi, yakni mencari data untuk menelusuri dokumen-dokumen yang berhubungan dengan penelitian yang dilakukan pada fokus penelitian. Sumber dokumen berupa data-data yang akurat dan legal. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, beberapa data hasil melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi yang sudah diperoleh yang kemudian peneliti rangkum menjadi satu. Menyajikan data yang diperoleh dari lokasi penelitian. Menggambar dan memfverifikasi kesimpulan dengan didukung oleh bukti-bukti informasi yang valid serta tidak berubah-ubah dikala peneliti kembali ke lapangan guna mengumpulkan informasi, sehingga kesimpulan yang dikemukakan ialah kesimpulan yang kredibel. Dalam penelitian ini, lembaga MI Tarbiyatus Shibyan mempunyai program dan pembiasan yang diberikan kepada siswa untuk membiasakan siswa mempunyai karakter religius, hal tersebut dibuktikan dengan membiasakan membaca dan menghafal Juz 30 sebagai syarat kelulusan dari madrasah. Membiasakan siswa dengan budaya salim terhadap guru ketika memasuki ruang kelas, dan juga pembiasaan membaca do’a belajar saat apel pagi. Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran-saran yakni tentang langkah kedepan dari Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatus Shibyan semakin berkembang dan berkualitas dengan menjadikan siswa yang berkarakter religius.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectNilai Pendidikan Karakteren_US
dc.subjectPandemien_US
dc.subjectEra Disrupsien_US
dc.titlePenanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius pada Siswa MI di Masa Pandemi Era Disrupsi (Studi Kasus di MI Tarbiyatus Shibyan Kemantren Paciran Lamongan)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record