dc.description.abstract | Penyebaran virus Covid-19 di berbagai negara membuat perubahan besar dalam berbagai bidang khususnya pada bidang pendidikan. Pemerintah pusat hingga daerah telah mengeluarkan kebijakan untuk seluruh lembaga pendidikan agar melaksanakan kegiatan pembelajaran di rumah (study from home). Berdasarkan pada surat edaran dari Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan (KEMENDIKBUD) Nomor 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Covid-19 bahwa proses kegiatan belajar dilaksanakan di rumah melalui pembelajaran daring/jarak jauh Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SMAN 01 Malang, peneliti menemukan upaya yang dilakukan adalah dengan memanfaatkan Google Clasroom dan Google Meet sebagai media pembelajaran online pada mata pelajaran PAI. Dengan memanfaatkan google classroom ini memudahkan dalam penyampaian materi, absensi, penilaian dan pemberian tugas. Sedangkan penggunaan Google Meet digunakan untuk mendiskusikan materi yang telah disampaikan melalui Google Classroom, seperti hafalan surat, proses diskusi ataupun tanya jawab antara guru dan siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang perencanaan. pelaksanaan dan evaluasi pemanfaatan Google Meet dan Google Classroom pada pembelajaran online Pendidikan Agama Islam di SMAN 01 Malang.
Untuk mencapai tujuan penelitian diatas penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi.
Dari hasil temuan penelitian bahwasanya pada tahap perencanaan pemanfaatan google meet dan google classroom pada pembelajaran online Pendidikan Agama Islam di SMAN 01 Malang guru membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran online (RPP) satu lembar untuk setiap minggunya, melakukan pengenalan, penjelasan kepada siswa mengenai aplikasi google classroom dan google meet, membuat materi dan membuat grup kelas di google classroom. Kemudian pada tahap pelaksanaan dibagi menjadi 3 tahapan yaitu pendahuluan seperti mempersiapkan room di google meet, memberikan informasi di google classroom untuk mempersiapkan diri, mengisi presensi, mengirimkan materi pembelajaran dan membagikan link google meet, kegiatan yang dilaksakan di google meet adalah menjelaskan materi, tujuan materi, memberi kesempatan siswa untuk menyimpulkan materi dan pada tahap penutup guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya, memberikan tugas, memberikan informasi kepada siswa terkait pembelajaran pada pekan berikutnya dan menutup dengan berdoa bersama. Pada tahap evaluasi merupakan proses penilaian, mencakup penilaian pengetahuan, penilaian sikap dan penilaian keterampilan. Dari nilai tersebut akan dicatat dan dilakukan evaluasi mengenai apa yang menjadi permasalahan, apa penyebab dari permasalahan tersebut, dan apa yang harus diperbaiki.
Hal yang perlu di perhatikan sebagai saran yakni guru lebih memberikan materi yang menarik dan tidak monoton, menentukan metode ataupun strategi pembelajaran daring yang lebih baru, menarik dan variatif. dan mampu mengoptimalkan dan mengembangkan pemanfaatan google classroom dan google meet pada pembelajaran PAI. Dengan adanya program tatap muka terbatas nantinya agar dapat segera direalisasikan dan tetap menjaga protokol kesehatan untuk menanggapi keluh kesah siswa yang sudah merasa bosan belajar dirumah. | en_US |