Show simple item record

dc.contributor.authorIrfani, Alifah Nurul
dc.date.accessioned2021-12-27T06:45:27Z
dc.date.available2021-12-27T06:45:27Z
dc.date.issued2021-07-10
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2859
dc.description.abstractRevolusi industri 4.0 membawa pengaruh besar terhadap perubahan di setiap unit kehidupan. Terutama di dalam dunia pendidikan revolusi industri ini membawa pengaruh terhadap perilaku guru dan siswa yang awalnya pembelajaran hanya dengan bertatap muka di kelas kini sedikit di kombinasi dengan memanfaatkan jaringan internet. Seiring berkembangnya zaman, sekolah banyak memanfaatkan teknologi pembelajaran, salah satunya yaitu menggunakan media pembelajaran menggunakan media quizizz. Quizizz adalah suatu aplikasi pendidikan yang berupa media pembelajaran berbasis game yang dijadikan sebagai media bantu pembelajaran guru kepada peserta didik. Fokus penelitian yang akan peneliti bahas dalam peelitian ini yaitu: Bagaimana implementasi media quizizz dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Wahid Hasyim, apa saja hambatan dan bagaimana menyelesaikan hambatan dalam media pembelajaran quizizz di dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Wahid Hasyim Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui implementasi media quizizz dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Wahid Hasyim Malang 2) Mengetahui apa saja hambatan dan cara menyelesaikan hambatan dalam media pembelajaran quizizz di dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Wahid Hasyim Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yaitu mengungkap permasalahan secara menyeluruh sesuai dengan fenomena yang terjadi, metode wawancara, dokumentasi dan sumber data yang digunakan berupa sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik analis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan verivikasi. Pengecekan keabsahan temuan yang digunakan dalam penelitian ini adalah perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, tringulasi dan juga diskusi sejawat. Adapun hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa penggunaan media pembelajaran quizizz dalam mata pelajaran PAI di SMP Wahid Hasyim Malang sudah berjalan dengan baik. Guru menggunakan media quizizz dalam pemebalajaran PAI agar siswa tidak mudah jenuh pada saat pembelajaran dan juga untuk menunjang proses pembelajaran. Hambatan dalam penggunaan media quizizz dalam mata pelajaran PAI di SMP Wahid Hasyim adalah gangguan signal dan juga kurangnya media yyang dimiliki oleh siswa serta keterbatasan waktu. Solusi yang diberikan yaitu sekolah menyediakan fasilitas berupa lab komputer untuk siswa yang tidak memiliki media pembelajaran, selain itu guru juga memberikan tambahan waktu bagi siswa yang terhalang signal jaringan.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectAgama Islamen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectQuizizzen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.titlePenggunaan Media Pembelajaran Quizizz dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Wahid Hasyim Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record