dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gender, tingkat pengetahuan akuntansi, dan etika profesi akuntan terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi mengenai creative accounting. Variabel independen dalam penelitian ini adalah gender, tingkat pengetahuan akuntansi, dan etika profesi akuntan. Sedangkan variabel dependen adalah persepsi etis mahasiswa akuntansi mengenai creative accounting. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, karena data primer dengan metode pengumpulan data berupa kuesioner melalui google form. Populasi pada penelitian ini yaitu mahasiswa S1 Akuntansi di Universitas Islam Malang, Universitas Negeri Malang, dan Universitas Brawijaya. Teknik pengambilan data menggunakan rumus slovin. Berdasarkan metode tersebut jumlah mahasiswa yang digunakan ada 87 responden. Hipotesis yang diuji menggunakan analisis statistic deskriptif, uji instrumen, uji normalitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis menggunakan alat bantu SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel gender tidak berpengaruh terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi mengenai creative accounting, variabel tingkat pengetahuan akuntansi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi mengenai creative accounting, variabel etika profesi akuntan berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi mengenai creative accounting.
Kata Kunci : Gender, Tingkat Pengetahuan Akuntansi, Etika Profesi Akuntan, Persepsi Etis, Creative Accounting | en_US |