Show simple item record

dc.contributor.authorRamadhan
dc.date.accessioned2022-01-03T07:45:42Z
dc.date.available2022-01-03T07:45:42Z
dc.date.issued2021-06-03
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2906
dc.description.abstractFaktor utama yang sangat mempengaruhi proses pembelajaran secara daring ini adalah kekuatan jaringan internet serta faktor pendukungnya yaitu alat komunikasi seperti handphone yang memiliki fitur canggih, komputer atau laptop. Kualitas jaringan internet yang lemah membuat proses pembelajaran daring ini tidak berjalan secara maksimal. Akibatnya, beberapa siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran yang diberikan. Proses pembelajaran secara daring ini juga membuat guru kesulitan dalam mengukur sejauh mana siswa tersebut paham dengan materi yang diberikan, khususnya dalam materi pembelajaran agama islam. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan strategi pembelajaran PAI berbasis daring, (2) mendeskripsikan faktor yang menjadi penghambat dan pendukung strategi pembelajaran PAI berbasis daring pada masa pandemi covid-19 di SMP Brawijaya Smart School. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang dimaksudkan untuk mengungkapkan gejala secara holistik kontekstual melalui pengumpulan data dari latar alami dengan memanfaatkan diri peneliti sebagai instrumen kunci. Penelitian kualitatif bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dengan pendekatan induktif. Proses pemaknaan dalam perspektif subjek lebih ditonjolkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi pembelajaran PAI berbasis daring adalah dengan menyusun planning, program semester dan RPP. Strategi ini didukung dengan penggunaan media video dan power point yang sebelumnya ada pelatihan bagi siswa dan guru dengan menggunakan Microsoft teams. (2) Faktor yang menjadi penghambat strategi pembelajaran PAI berbasis daring pada masa pandemi covid-19 meliputi faktor intern sekolah yaitu kegiatan guru di luar daring kurang adanya komunikasi antara guru matpel dan guru yang lain. Secara ekstern berasal dari siswanya sendiri yang kurang termotivasi dan pemahamannya siswa yang tidak merata, masalah jaringan yang tidak stabil, dan kurang perhatian dari orang tua. Sedangkan faktor pendukung strategi pembelajaran PAI berbasis daring adalah sarana dan prasarana sekolah dan kemampuan guru dalam memberikan pemahaman dan pengetahuan yang mudah dipahami siswa seperti menggunakan Microsoft team. Kata Kunci: Strategi, Pembelajaran PAI, Daringen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectStrategien_US
dc.subjectPembelajaran PAIen_US
dc.subjectDaringen_US
dc.titleStrategi Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Daring di SMP Brawijaya Smart School Kota Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record