dc.description.abstract | Ekstrakurikuler adalah kegiatan yang berada diluar jam pelajaran yang telah terprogram dengan tujuan untuk meningkatkan minat, bakat, potensi peserta didik dan mengembangkan kreativitas peserta didik dalam bidang tertentu. Dalam kegiatan ekstrakurikuler tentunya akan membantu peserta didik menggali atau mengasah minat bakat dan potensi yang telah dimilikinya. Salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang dapat menunjang peserta didik dalam mengembangkan kreativitas dalam menulis ayat Al-Qur’an yaitu kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi.
Kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi ini diharapkan mampu membantu peserta didik dalam mengembangkan minat dan kreativitasnya dalam menulis arab atau ayat Al-Qur’an. Masih ada beberapa peserta didik yang yang kurang rapi dalam menulis arab atau ayat Al-Qur’an dan kurang memahami kaidah penulisan arab dengan baik dan benar.
Dari latar belakang penelitian di atas maka peneliti merumuskan masalah, yakni (1) bagaimana pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi di LBE Al-Rifai’ie? (2) bagaimana proses kegitan ekstrakurikuler kaligrafi untuk mengembangkan kreativitas siswa dalam menulis ayat Al-Qur’an? (3) apa kendala yang dialami saat prose pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi untuk mengembangkan kreativitas siswa dalam menulis ayat Al-Qur’an? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pelaksanaan kegaitan esktrakurikuler kaligrafi di LBE Al-Rifa’ie. (2) Untuk mengetahui proses kegiatan esktrakurikuler kaligrafi untuk mengembangkan kreativitas siswa dalam menulis ayat Al-Qur’an di LBE Al-Rifa’ie. (3) Untuk mengetahui kendala yang dialami saat proses pelaksanaan kegiatan esktrakurikuler kaligrafi untuk mengembangkan kreativitas siswa dalam menulis ayat Al-Qur’an.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berlandaskan atas fenomologi dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus di LBE Al-Rifa’ie. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder yang mana menjadi rujukan untuk pengambilan data dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka peneliti dapat mengambil kesimpulan tentang kegiatan esktrakurikuler kaligrafi untuk mengembangkan kreatvitas siswa dalam menulis ayat Al-Qur’an di LBE Al-Rifa’ie, sebagai berikut: 1) pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi di LBE Al-Rifa’ie dilaksanakan setiap hari jum’at muali pukul 13.00 sampai 14.30 dibagi selama 2 shift dengan peserta didik yang berbeda. Materi yang diberikan setiap kali pertemuan berbeda yang bersifat berkelanjutan serta menggunakan metode Learning by Doing. 2) proses pelaksanaan dilakukan secara bertahap mulai tahap awal peserta didik diberi pengetahuan tentang dasar penulisan khat dan kaidah penulisan yang baik dan benar tahap kedua peserta didik diberi contoh oleh guru pembimbing, kemudian peserta didik akan menirukannya dilembaran kertas, begitu seterusnya sampai tahap dimana peserta didik diberi kebebasan membuat karya sesuai dengan ide kreatif masing-masing. Melalui tahap-tahap tersebut peserta didik dapat menggali potensi dan bakat serta mengembangkan kreativitasnya dalam menulis ayat Al-Qur’an. 3) kendala yang dialami saat proses kegaiatn ekstrakurikuler berlangsung yaitu terkadang guru tidak hadir saat kegiatan dan segi fasilitas yang sangat minim, karena berada dilingkungan pondok maka fasilitas yang ada sangat terbatas sehingga media dalam pembuatan kaligrafi bergantung kepada kesiapan dari masing-masing peserta didik.
Kata Kunci: Ekstrakurikuler Kaligrafi, Menulis Ayat Al-Qur’an, Kreativitas Siswa | en_US |