dc.description.abstract | Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini termasuk dalam pendekatan penelitian kuantitatif yang berfokus pada pengujian hipotesis, pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang dibagikan kepada siswa.
Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 akuntansi angkatan 2017 dan 2018 di Universitas Islam Malang, dengan jumlah sampel sebanyak 110 responden, sampel dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial kecerdasan emosional berpengaruh negatif terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan nilai signifikan. 0,011 < 0,05, kecerdasan spiritual tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan nilai signifikansi 0,059 < 0,05, kecerdasan intelektual tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan nilai signifikansi 0,395 < 0,05. Secara simultan kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan kecerdasan intelektual berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan nilai signifikansi (0,046 < 0,05). | en_US |