Upaya Guru Al-Qur’an Hadis dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VII di SMP Islam As-Shodiq Bululawang

Show simple item record

dc.contributor.author Febriyanti, Linda Rahayu
dc.date.accessioned 2022-01-04T07:02:11Z
dc.date.available 2022-01-04T07:02:11Z
dc.date.issued 2021-07-13
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2911
dc.description.abstract Kata Kunci: Upaya, Peningkatan, Membaca Al-Qur’an Karakter manusia saat ini sungguh miris. Zaman sekarang Al-Qur’an jarang sekali digunakan sebagai pedoman hidup. Padahal mendengarkan orang membaca Al-Qur’an saja sudah dinilai ibadah, apalagi jika kita yang membacanya sendiri. Tentu saja orang yang berpedoman pada Al-Qur’an harus mampu menguasai makharijul hurufnya dan membaca pelan – pelan secara tartil, jelas, tidak tergesa - gesa dan harus sesuai dengan tajwidnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pentingnya meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. 2) Metode yang digunakan guru Al-Qur’an hadist dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di SMP Islam As-Shodiq Bululawang. 3) Upaya guru Al-Qur’an hadist dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di SMP Islam As-Shodiq Bululawang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi di Sekolah Menengah Pertama Islam As-Shodiq Bululawang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan beberapa metode yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti menjadi instrument penelitian daan peneliti terjun langsung ke lapangan dalam mengumpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Peningkatan membaca Al-Qur’an merupakan hal penting dalam dunia pendidikan. Dengan adanya peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an maka, diharapkan siswa siswi SMP Islam As-Shodiq Bululawang memiliki karakter spiritual yang semakin meningkat. Serta dapat melahirkan penerus generasi bangsa lulusan SMP Islam As-Shodiq Bululawang yang terus berpegang pada pedoman agama Islam dan bisa mengamalkan ajaran – ajaran Al-Qur’an di kehidupan sehari – hari. 2) Metode yang digunakan guru Al-Qur’an hadis dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di SMP Islam As-Shodiq Bululawang yaitu metode Sorogan. Guru akan membacakan ayat Al-Qur’an terlebih dahulu kemudian barulah diikuti oleh siswa – siswi. Setelah itu, guru akan memanggil satu persatu siswa untuk membaca Al-Qur’an secara individu di depan guru. 3) Upaya guru Al-Qur’an hadis dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di SMP Islam As-Shodiq Bululawang yaitu dengan upaya memaksimalkan peran seorang guru, upaya optimalisasi melalui kegiatan intra kurikuler, upaya melalui kegiatan ekstrakurikuler pembelajaran Al-Qur’an, dan melakukan evaluasi pembelajaran. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Upaya en_US
dc.subject Peningkatan en_US
dc.subject Membaca Al-Qur’an en_US
dc.title Upaya Guru Al-Qur’an Hadis dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VII di SMP Islam As-Shodiq Bululawang en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account