dc.description.abstract | Pandemi Covid-19 telah mengubah berbagai aspek kehidupan saat ini, yang sangat berpengaruh besar terhadap seluruh kehidupan manusia, khususnya dalam dunia Pendidikan. Ini mengharuskan semua elemen Pendidikan untuk beradaptasi dan melanjutkan sisa semester diakhir 2019. Dengan adanya peralihan pembelajaran dari sekolah kerumah, hal ini menjadikan jarak interaksi antara peserta didik dengan pendidik, Sehingga diterapkan nya pembelajaran online guna untuk tetap melaksakan kegiatan setiap elemen Pendidikan. Pembelajaran yang seharusnya dilaksanakan secara tatap muka akan tetapi pada masa pandemi Covid-19 pembelajaran dilaksanakan secara online atau jarak jauh. Pembelajaran online menggunakan media Daring (dalam jaringan) yang dilakukan secara jarak jauh dimana kegiatan ini dilakukan secara tidak tatap muka langsung akan tetapi menggunakan berbagai media khususnya intenet. Perihal penting yang harus lebih ditekankan dengan adanya pendemi Covid-19 ini guru harus lebih berperan akif untuk menjalankan tugasnya. Selain itu, peran guru dalam upaya nya mewujudkan pembelajaran agar tetap terlaksana secara efektif, sebagai guru Akidah Akhlak lebih meningkatkan minat belajar siswa tidak hanya dari pembelajaran secara daring melalu media (dalam jaringan), akan tetapi guru akidah akhlah disini menerapakan Program Guru Visit To Home. Dalam penelitian ini dapat kita ketahui bahwa minat belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Raden Rahmat pada masa pandemi Covid-19 ini sangatlah berpengaruh terutama terhadap hasil belajar siswa.
Berdasarkan latar belakang penelitian diatas peneliti merumuskan beberapa masalah anatara lain bagaimana minat belajar siswa, bagaimana kesiapan guru serta faktor pendukung dan pengahmbat proses belajar siswa dimasa pandemi covid-19 pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VII Madrasah Tsanawiyah Raden Rahmat Wajak Malang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang bagaimana minat belajar siswa di masa pandemi covid-19, bagaiamana kesiapan guru dalam mengajar di masa pandemi covid-19 serta apa saja faktor pendukung dan penghambat proses belajar siswa dimasa pandemi covid-19 pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII Madrasah Tsanawiyah Raden Rahmat Wajak Malang.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, karena peneliti ingin melakukan penelitian secara mendalam melalui pencarian data kepada subyek atau informan sehingga peneliti dapat menggambarkan keadaan dengan jelas mengenai Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Raden Rahmat Wajak Malang.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa minat belajar siswa di masa pandemi Covid-19 pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII Madrasah Tsanawiyah Raden Rahmat Wajak Malang ini menurun dikarenakan pembelajaran jarak jauh daring. Upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa dimasa pandemI ini sangat baik untuk mencapai tujuan pembelajaran agar tetap terlaksana secara efektif kemampuan guru disini malaksanakan program home visit datang langsung kerumah setiap peserta didik. Adapun Faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan dalam proses pembelajaran di masa pandemi ini pada pembelajaran Akidah Akhlak guna menumbuhkan minat peserta didik antara lain adalah fasilitas, peran guru, motivasi, peran orang tua, program Home Visit serta media daring. Kata Kunci : Peran Guru, Minat Belajar,Pandemi Covid-19, Akidah Akhlak | en_US |