Show simple item record

dc.contributor.authorNurdiyanah, Ilvi
dc.date.accessioned2022-01-17T01:51:32Z
dc.date.available2022-01-17T01:51:32Z
dc.date.issued2021-07-10
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3021
dc.description.abstractSeiring berkembangnya zaman, seluruh guru dituntut untuk melahirkan Pendidikan yang mampu melakukan dan membawa perubahan positif di masyarakat, salah satunya adalah Pendidikan tentang keagamaan. Pendidikan agama islam merupakan salah satu mata pelajaran penting yang harus difahami dan diterapkan oleh seluruh siswa baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Dalam hal ini, seluruh guru Pendidikan Agama Islam diharapkan mampu memiliki pendekatan khusus dalam menyampaikan materi agar dapat memudahkan siswa untuk memahami dan menerapkannya. Pendekatan Contextual Teaching and Learning merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang dapat membantu guru untuk mengaitkan materi dengan kehidupan nyata siswa serta dapat mendorong siswa untuk menghubungkan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan pengalamannya. Dengan penerapan pendekatan tersebut pembelajaran akan lebih aktif dan bermakna. Fokus penelitian yang akan peneliti bahas dalam penelitian ini yaitu: 1.) Bagaimana implementasi pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Hidayatus Salam. 2.) Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Hidayatus Salam. Adapun tujuan penelitian ini yaitu: 1.) Untuk mengetahui implementasi pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Hidayatus Salam. 2.) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Hidayatus Saalam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis penelitian studi kasus. Adapun sumber data yang didapatkan dari data primer yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, guru PAI, dan siswa. Sedangkan data sekunder didapatkan dari buku tentang profil madrasah dan dokumen madrasah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode observasi, wawancara dan dokumentassi. Teknik analisis data terdiri dari tiga alur, yaitu kondensi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Sedangkan pengecekan keabsahan data yaitu perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, pengecekan sejawat, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran PAI di MTs Hidayatus Salam sudah berjalan dengan baik, seluruh guru PAI dalam menyampaikan materi pelajaran sudah menggunakan pendekatan tersebut cukup lama. Dalam menyampaikan materi, guru PAI selalu mengaitkan antara materi dengan kehidupan nyata siswa, selain itu siswa dituntut untuk mengembangkan pemikirannya dan membantu mendorong siswa untuk mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Adapun faktor pendukung dalam pengimplementasian pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran PAI diantaranya: 1) Kondisi kelas sangat mendukung, 2) Siswa antusias mengikuti pelajaran dengan menggunakan pendekatan CTL, 3) Terdapat media pembelajaran yang membantu guru PAI menyampaikan materi. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: 1) Masih ada guru PAI yang kurang memahami teori pendekatan CTL, 2) Tidak seimbangnya asspek kognitif siswa, 3) Kurangnya waktu pembelajaran.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectAgama Islamen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectContextual Teaching and Learningen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.titleImplementasi Pendekatan Contextual Teaching dnd Learning (CTL) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTS Hidayatus Salam Gresiken_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record