dc.description.abstract | Seiring dengan berkembangnya teknologi yang semakin canggih tidak menutup kemungkinan bahwa belajar hanya dilakukan di dalam ruang kelas saja. Namun pembelajaran bisa dilakukan secara online dan dilakukan kapanpun oleh peserta didik. Dalam pembelajaran guru sebagai fasilitator pembelajaran, bukan hanya sebagai pemberi tugas dan materi, sehingga pembelajaran online dapat menarik minat siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah guna untuk memperoleh informasi bagaimana pemanfaatan media pembelajaran, hambatan serta solusi pembelajaran menggunakan media pembelajaran daring. Mengingat pada masa pandemi ini ada berbagai macam problematika yang dialami para pendidik dan peserta didik khususnya pada pembelajaan pendidikan agama Islam.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan jenis penelitian studi kasus dengan tempat penelitian di MTs Raudhatul Ulum Ngijo-Karangploso. Pengumpulan data dilakukan antara lain dengan menggunakan metode observasi, wawancara serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian, kesimpulan dan verifikasi. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan wawancara mendalam, pengamatan lebih lama dan diskusi teman sejawat.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti dapat mengambil kesimpulan tentang Pemanfaatan Media daring dalam Pembelajaran PAI di MTs Raudhatul Ulum Ngijo-Karangploso yaitu Pemanfaatan media pembelajaran daring yang dilaksanakan di MTs Raudhatul Ulum menggunakan berbagai jenis media pembelajaran dan media pembelajaran daring. Untuk media pembelajaran yang digunakan oleh guru PAI sendiri adalah media pembelaajaran cetak, visual maupun audio visual. Disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Media pembelajaran daringa yang digunakan oleh guru PAI adalah aplikasi Youtube, Whatsapp, dan E-learning.media yang digunakan dalam pembelajaran tentunya yang murah dan mudah digunakan oleh siswa maupun pendidik. | en_US |