dc.description.abstract | Pendidikan merupakan suatu bentuk pelayanan pada masyarakat, sedangkan masyarakat mempunyai watak terus berubah, baik sikapnya, kebutuhannya, penilaiannya, dan tuntutannya. Hal tersebutlah yang melatarbelakangi lembaga MI Bustanul Ulum Kota Batu untuk senantiasa dinamis, relavan, professional dan menciptakan kompetitif/bersaing yang sehat. Secara khusus, kepala madrasah mempunyai peran untuk kedisiplinan guru dan siswanya kepala madrasah harus mampu menjadi panutan utama karena memiliki tugas dan tanggung jawab yang sangat besar untuk mewujudkan visi, misi dan tujuan madrasah yang unggul di berbagai sekolah lainnya. Maka peneliti merumuskan masalah, yaitu bagaimana konsep pengembangn kedisiplinan guru, bagaimana implikasi pengembangan kedisiplinan guru, dan bagaimana peran kepala madrasah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang bagaimana konsep pengembangn kedisiplinan guru, bagaimana implikasi pengembangan kedisiplinan guru, dan bagaimana peran kepala madrasah.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data menggunakan matode observasi, yaitu pengamatan merupakan aktivitas penulisan fenomena yang dilakukan secara sistematis, metode wawancara merupakan metode pengumpulan data dengan menggunakan jalan Tanya jawab secara lisan dari sumber penelitian, dan metode dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan-catatan, transkrip, buku, surat kabar, makalah, laporan-laporan, agenda dan sebagainya. Karakteristik prilaku kepala madrasah dalam konsep pengembangan kedisiplinanan guru adalah memberikan keteladanan dalam keberhasilan, mempunyai perilaku yang longgar atau ramah, kepemimpinan yang pesimis atau optimis terhadap madrasah, dan kepemimpinan yang pasrah dalam arti melaksanakan beberapa program yang harus dilakukan secara rutin tiap tahun. Dalam hal ini usaha-usaha lain yang dilakukan kepala madrasah dalam menjalankan tugasnya adalah kedisiplinan dalam perencanaan pembelajaran guru (rencana pelaksanaan pembelajaran), kedisiplinan pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas maupun diluar kelas, dan hasil evaluasi guru terhadap kedisiplinan belajar siswa.
Dalam implikasi pengebangan kedisiplian guru yang berkaitan dengan perstasi siswa meliputi, prestasi secara akademik dan prestasi nonakademik bentuk prestasi yang didapatkan oleh siswa tidak terlepas dari peran kepala madrasah sebagai supervisor, evaluator, dan educator. Sebagai saran-saran yaitu tentang bagaimana langkah kedepannya dari kepala madrasah untuk mengembangkan dan memperluas inovasi disiplin dengan cara yang lebih baik lagi serta memadukan dan menggabungkan aspek positif dari beberapa kreasi dan inovasi yang sudah ada agar bisa maju mencapai kinerja madrasah yang lebih baik dengan hasil yang begitu memuaskan. | en_US |