Show simple item record

dc.contributor.authorSari, Efiana Dwi Wulan
dc.date.accessioned2022-01-21T01:00:13Z
dc.date.available2022-01-21T01:00:13Z
dc.date.issued2021-06-12
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3049
dc.description.abstractPendidikan memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat guna menciptakan manusia yang cerdas, kreatif, demokratis dan menjunjung tinggi nilai sopan santun. Karakteristik pembelajaran di SD/MI adalah menggunakan tematik terpadu yang didalamnya dilengkapi dengan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) serta memiliki empat cakupan yaitu kompetensi spiritual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Pembelajaran tematik ini juga merupakan suatu usaha untuk mengaitkan pengetahuan, keterampilan, nilai atau sikap, serta pemikiran kreatif dengan menggunakan tema. Pada pembelajaran ini guru dan peserta didik tentunya membutuhkan sumber belajar yang menunjang pembelajaran. Sumber belajar merupakan komponen utama dalam pembelajaran karena dapat memberikan pengalaman dalam belajar dan tanpa sumber belajar yang sesuai maka pembelajaran kurang mencapai tujuan yang diharapkan. Sumber belajar memiliki enam jenis yakni pesan, orang, alat, bahan, teknik dan latar. Mengingat pentingnya sumber belajar pada suatu pembelajaran guna mencapai tujuan belajar, maka peneliti ingin melakukan tindakan penelitian yang membahas tentang sumber belajar yang digunakan di MI Al-Hasib Pakis kelas II. Adapun tujuan penelitian yang akan dicapai yaitu: 1) Mendeskripsikan sumber belajar yang digunakan dalam pembelajaran tematik kelas II di MI Al-Hasib Pakis. 2) Mengetahui pemanfaatan sumber belajar pada pembelajaran tematik kelas II di MI Al-Hasib Pakis. 3) Mendeskripsikan faktor yang melandasi pemanfaatan sumber belajar pada pembelajaran tematik kelas II di MI Al-Hasib Pakis. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan jenis kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer terdiri dari kepala madrasah, guru kelas II, koordinator bidang sarana prasarana di MI Al-Hasib Pakis. Dan sumber data sekunder yang digunakan adalah kepala perpustakaan, peserta didik di MI Al-Hasib Pakis dan warga disekitar madrasah. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik yaitu dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data memiliki tiga alur yakni kondensasi, penyajian data dan dilanjutkan dengan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan masa pengamatan, triangulasi, dan mendiskusikannya dengan pihak lain. Hasil penelitian yang yang dilakukan menunjukkan bahwa analisis pemanfaatan sumber belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hasib Pakis kabupaten Malang berjalan dengan sangat baik. Sumber belajar di MI Al-Hasib Pakis khususnya pada kelas II menggunakan sumber belajar yang bervariasi. Sumber belajar yang digunakan sudah mencakup dari jenis sumber belajar yakni pesan, orang, alat, bahan, teknik dan latar. Meskipun madrasah masih memliki kekurangan dalam ketersediaan sumber belajar, guru mampu memanfaatkan benda-benda maupun lingkungan sekitar sebagai sumber belajar. Dalam pemilihannya guru memperhatikan keterkaitan kompetensi dasar dan kompetensi inti dengan sumber belajar yang akan digunakan. Guru sudah menggunakan sumber belajar yang berbeda-beda namun tetap sesuai dengan materi dan karakteristik dari peserta didik itu sendiri. Kata Kunci : Analisis, Sumber Belajar, Pembelajaran Tematik.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectAnalisisen_US
dc.subjectSumber Belajaren_US
dc.subjectPembelajaran Tematiken_US
dc.subjecten_US
dc.titlePemanfaatan Sumber Belajar Pada Pembelajaran Tematik Kelas II Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hasib Pakis Kabupaten Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record