dc.description.abstract | Anak adalah generasi penerus dan merupakan tulang punggung kemajuan bangsa, negara dan agama di masa yang akan datang, maka dari itu seorang anak harus dibekali dengan kemampuan membaca Al-Qur’an. MTs Al-Ma’arif 02 Singosari Malang merupakan salah satu pendidikan formal yang akan membuat anak bisa mendalami mengenai ilmu Agama terutama tentang kemampuan membaca Al-Qur’an. Melalui MTs Al-Ma’arif 02 Singosari Malang seorang anak dapat dididik dengan tenaga pendidik yang berlatar belakang dengan basic Al-qur’an metode tilawati, dalam mengajarkan membaca Al-Qur’an kepada peserta didik. Guru memerlukan sebuah metode untuk mengajarkan membaca Al-Qur’an. Pertanyaan penelitian ini adalah bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an menggunakan metode Tilawati di MTs Al-Ma’arif 02 Singosari Malang apa hambatan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an menggunakan metode Tilawati di MTs Al-Ma’arif 02 Singosari Malang Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an menggunakan metode Tilawati di MTs Al-Ma’arif 02 Singosari Malang.
Jenis penelitian iniadalah Kualitatif. Penelitian ini di lakukan untuk mengetahui bagaimana “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an Metode Tilawati”, penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam, orang tua dan peserta didik. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, interview dan dokumentasi. Selanjutnya langkah yang digunakan dalam menganalisa data yaitu data reduction, data display, dan terakhir adalah conclution drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an menggunakan metode tilawati di MTs Al-Ma’arif 02 Singosari Malang yaitu menggunakan metode tilawati teknik klasik a) guru membaca murid mendengarkan b) guru membaca murid menirukan c) guru membaca bersama-sama murid, tehnik baca simak serta di dukung peran guru lain sehingga kamampuan membaca santri menjadi lebih baik dari sebelumnya.
Kata Kunci: Peran, Guru Pendidikan Agama Islam, Kualitas baca Al-qur’an metode tilawati | en_US |