Respon Mahasiswa PGMI Unisma Terhadap Pembelajaran Online di Tengah Penyebaran Wabah Corona Virus (Covid-19)

Show simple item record

dc.contributor.author Wijayanto, Muhammad Alda
dc.date.accessioned 2022-02-09T01:23:52Z
dc.date.available 2022-02-09T01:23:52Z
dc.date.issued 2021-01-07
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3099
dc.description.abstract pembelajaran online sering di pahami sebagai suatu bentuk pembelajaran berbasis web yang diakses dari internet di jaringan local atau internet. kegiatan pembelajaran online di mungkinkan berkembangnya fleksibilitas belajar yang tinggi. Pembelajaran online juga lebih mudah melakukan pemutakhiran bahan-bahan belajar yang menjadi tanggung jawabnya sesuai dengan tuntutan perkembangan keilmuan yang terjadi. Pembelajaran online juga lebih mudah dicapai, pemakaian dapat dengan mudah menggunakan aplikasi tertentu untuk pembelajaran online dimanapun dan kapanpun selama terhubung ke internet Penelitian yang dilakukan ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian survey. Jumlah responden yang diteliti 75 mahasiswa dari angkatan 2017 sampai angkatan 2020. Penelitian ini menggunakan instrument pengumpulan data utama yaitu kuisioner dan dianalisa menggunakan korelasi product momen untuk mengetahui korelasi antara variable X dengan variable Y dan seberapa besar kontribusi yang diterangkan oleh Variable X terhadap Variable Y. Sesuai dengan hasil analisis penelitian yang telah dilakukan maka ditemukan beberapa kesimpulan sebagai berikut: (1) Hasil analisis menunjukan persentase dari respon mahasiswa PGMI UNISMA terhadap pembelajaran selama pandemic COVID-19 adalah 76% setuju dan 24% tidak setuju. (2) Hasil analisis lain menunjukan persentase dari respon mahasiswa PGMI UNISMA terhadap pembelajaran online selama pandemic COVID-19 adalah 53% setuju dan 47% tidak setuju. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis korelasi product momen menggunakan SPSS 20 terdapat korelasi signifikan antara pembelajaran selama pandemic dan pembelajaran online selama pandemic sebesar 0.331. dapat disimpulkan bahwas pembelajaran selama pandemic dengan pembelajaran online selama pandemic memiliki hubungan yang rendah. Adapun penelitian ini disarankan bagi dosen dan pengajar harus bisa menciptakan suatu inovasi atau terobosan terbaru di dalam dunia pendidikan dan mengajar agar tercapainya pembelajaran yang lebih efektif dan efesien sehingga bisa di terima mahasiswa secara menyeluruh di situasi dan kondisi apapun. Bagi mahasiswa harus lebih giat dan bersemangat dalam melaksanakan pembelajaran dengan inovasi pendidikan yang terbaru di dalam situasi dan kondisi apapun Kata kunci : Pembelajaran, Pembelajaran selama pandemic, Pembelajaran online en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pembelajaran en_US
dc.subject Pembelajaran selama pandemic en_US
dc.subject Pembelajaran online en_US
dc.title Respon Mahasiswa PGMI Unisma Terhadap Pembelajaran Online di Tengah Penyebaran Wabah Corona Virus (Covid-19) en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account