Show simple item record

dc.contributor.authorFebrianti, Amalia Fitri
dc.date.accessioned2022-02-09T01:26:35Z
dc.date.available2022-02-09T01:26:35Z
dc.date.issued2021-01-18
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3101
dc.description.abstractSMP Islam Muqorrobin Singosari mempunyai masalah yakni terletak pada rendahnya tentang sikap siswa kepada sesama teman, kepada guru maupun lingkungan sekitar. Nilai nilai agama dan kesopanan sangat minim sekali, hingga tidak mencerminkan seorang siswa siswi yang sedang sekolah di lembaga yang notabennya berbasis pesantren. Kegiatan keagamaan sudah di laksanakan juga, akan tetapi maslah yang timbul dari siswa siswi terus menerus bermunculan. Sekolah SMP Islam Muqorrobin memiliki tujuan yani mencetak lulusan yang berakhlakul karimah seiring dengan tujuan semula ingin lulusannya masuk pesantren dengan mempunyai bekal yang cukup. Maka dari itu penelitian ini dilakukan guna memperoleh informasi mengenai bagaimana upaya guru dalam pembentukan sikap spirital siswa melalui peran komunikasi agar sesuai dengan tujuan utama dari perbaikan nilai sikap spiritual yang baik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Maka dari itu penelitian ini diharapkan mampu mengungkapkan berbagai informasi yang terjadi di lapangan yang didukung dengan data-data yang telah diperoleh dengan cara pengumpulan data, analisi data, dan pengecekan keabsahan data. Dalam penerapan komuniksi guru terhadap siswa untuk mmebetuk sikap spiritual tidak hanya terletak pada pembelajaran di dalam kelas saja akan tetapi juga terletak di luar jam pelajaran, karena sikap spiritual siswa terpantau selama siswa berada di lingkungan sekolah. Tentunya dengan menggunakan beberapa cara guru berkomunikasi dengan siswa tentunya siswa tidak akan jenuh dan hanya sedikit hasilnya untuk tidak efektif, karena guru sudah memilih sedemikian rupa dari awal pembelajaran dimulai hingga akhir pembelajaran. Tentunya tidak selalu berjalan dengan mulsus, pastinya ada saja faktor pendukung dan penghambatnya. Akan tetapi guru sudah memiliki panduan untuk mengatasinya dengan cara tetap menjalin komunikasi dengan orang tua untuk seanntiasa bekerja sama dengan guru untuk meantau aak selama siswa berada di rumah, selalu memberi arahan kepada siswa menganai hal yang baik dan buruk dan memberi motivasi kepada siswa agar senantiasa tetap saemangat belajar agar ilmu yang didapat siswa bisa bermanfaat di masyarakat. Kata Kunci: Peran, Komunikasi, Sikap Spiritualen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPeranen_US
dc.subjectKomunikasien_US
dc.subjectSikap Spiritualen_US
dc.titlePeran Komunikasi Guru dengan Siswa dalam Pembentukan Sikap Spiritual Siswa di SMP Islam Muqorrobin Singosarien_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record