Penggunaan Big Book Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Pada Kelompok B di RA Baitul Mu’minin Desa Gunungrejo Kecamatan Singosari Kabupaten Malang
Abstract
Kemampuan Bahasa anak RA Baitul Mu’minin tergolong rendah. Hal ini salah satunya dikarenakan media belajar yang kurang variatif. Pemilihan media yang tepat akan sangat mempengaruhi hasil pembelajaran yang diperoleh. Keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis adalah empat aspek yang harus dikuasai anak untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Untuk itu dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas dengan pemilihan media Big Book.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui proses penggunaan media Big Book, dan; 2) Untuk mengetahui dampak penggunaan media Big Book dalam upaya meningkatkan kemampuan berbahasa anak. Subjek penelitian 19 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan deskriptif kuantitif dan kualitatif. Kriteria keberhasilan penelitian ini bila kemampuan berbahasa anak meningkat dan memperoleh rata-rata persentase lebih dari 80%.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbahasa dimana pada observasi awal hanya 49,01%. Namun setelah menggunakan Big Book pada siklus I tingkat keberhasilan yang dicapai adalah 71,2%. Maka dari itu dilakukan penelitian ulang sehingga pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 87,2%. Berdasarkan penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Big Book dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini pada kelompok B di RA Baitul Mu’minin Gunungrejo Singosari Malang.
Kata Kunci: Kemampuan Bahasa, Media Big Book, Anak Kelompok B.