Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Peningkatan Karakter Religius Siswa SMK Negeri 5 Malang

Show simple item record

dc.contributor.author Suryana, Muhammad Khalim
dc.date.accessioned 2022-03-10T02:05:59Z
dc.date.available 2022-03-10T02:05:59Z
dc.date.issued 2021-07-14
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3178
dc.description.abstract Upaya guru pendidikan agama Islam memiliki peran yang sangat berpengaruh terhadap peningkatan karakter religius peserta didik, oleh karena itu guru tidak hanya di tuntut dalam pembelajaran saja akan tetapi dalam meningkatkan karakter religius siswa. Guru sangat dibutuhkan agar dalam menyampaikan atau menanamkan pemahaman yang baik terhadap peserta didik, terhadap nilai-nilai agama diterima oleh peserta didik dan dijalankan dengan baik di dalam kehidupan sehari-harinya dan peserta didik itu menjadi sadar bahwa kedudukan pendidikan agama Islam mampu menjadikan dirinya menjadi beriman dan bertaqwa kepada Allah swt. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui karakter Religius siswa di SMK Negeri 5 Malang (2) Untuk mendeskripsikan upaya guru pendidikan agama Islam dalam peningkatan karakter religius siswa di SMK Negeri 5 Malang (3) Mendeskripsikan dampak dari upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam peningkatan karakter religius siswa di SMK Negeri 5 Malang. Pendekatan yang digunakan untuk mencapai tujuam di atas yaitu dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi lapangan. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data penulis menggunakan dekskriptif kualitatif dengan mereduksi data kemudia mendisplay data berupa uraian singkat dan menyimpulkan secara fleksibel agar menjawab rumusan masalah yang ada. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) karakter yang dimiliki peserta didik di SMK Negeri 5 Malang secara umum relatif bisa dikatakan baik, hal ini bisa dibuktikan pada (a) Perilaku siswa yang patuh terhadap ajaran agama yang dianutnya, terlihat dari antuisme peserta didik dalam melaksanakan dalam kegiatan keagamaan (b) Toleran terhadap teman yang berbeda agama dengannya, terlihat dari tingginya kesadaran menghormati kegiatan keagmaan lain, tidak ada kasus bullying terkait toleransi beragam (c) Hidup rukun dengan teman yang berbeda agama dengannya, terlihat dari adanya rasa keharmonisan seluruh elemen di sekolah tersebut.(2) Upaya guru pendidikan agama Islam dalam peningkatan karakter religius siswa sudah dapat berjalan dengan baik, dengan adanya proses kerjasama yang dilakukan seluruh guru SMK Negeri 5 Malang, menjadikan kegiaan keagamaan ini dapat berjalan dan dapat membentuk karakter religius siswa. (3) Dampak dari upaya guru pendidikan agama Islam adalah peningkatan dalam kereligiusan siswa diantaranya adalah meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah, menjadikan siswa menjadi pribadi yang berbudi pekerti dan meningkatkan kedislipinan siswa. Yang diantaranya adalah dislipin ketika melaksanakan pembiasaan-pembiasaan keagaamaan setiap pagi hari hingga pulang sekolah dan terbentuknya siswa yang berakhlaqul karimah yaitu sopan, santun, saling mengormati sesame teman meskipun berbeda keyakinan, menurup aurat, dan semakin tambah untuk pemahaman terhadap ilmu pengetahuan agama Islam. Kata Kunci: Upaya Guru PAI, Karakter Religius en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Upaya Guru PAI en_US
dc.subject Karakter Religius en_US
dc.subject en_US
dc.title Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Peningkatan Karakter Religius Siswa SMK Negeri 5 Malang en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account