Show simple item record

dc.contributor.authorNuzula, Salsabila Firdausi
dc.date.accessioned2022-03-10T03:00:28Z
dc.date.available2022-03-10T03:00:28Z
dc.date.issued2021-06-03
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3187
dc.description.abstractMetode menghafal Al-Qur’an saat ini sudah mulai berkembang, berbagai macam metode muncul untuk memudahkan para penghafal Al-Qur’an, baik untuk usia balita, remaja maupun dewasa. Namun tentunya tidak semua metode dapat diaplikasikan secara efektif, khususnya pada anak usia dini 3 tahun. Dalam pembelajaran Al-Qur’an perlu adanya metode pembelajaran, sebagaimana menurut Imam Al-Ghozali, bahwa metode adalah hal yang utama dalam proses belajar menghafal Al-Qur’an, karena metode merupakan penunjang utama atas pencapaian tujuan pembelajaran. Dengan digunakannya sebuah metode maka akan dapat mengembangkan sikap mental dan kepribadin agar siswa dapat menerima materi dengan mudah, efektif, dan dapat dicerna dengan baik. Tujuan dari penelitian ini yakni mengetahui efektivitas metode Tabarak bagi anak usia 3 tahun, kemudian didalam formulasi metode Tabarak peneliti bertujuan pula mengetahui sistem menghafal surat An-Naba’ bagi anak usia 3 tahun, sehingga dapat menghasilkan dan mengetahui bagaimana metode Tabarak ini mampu secara efektif mempermudah menghafal Surat An-Naba’ pada anak usia 3 tahun di Rumah Tahfidz Balita dan Anak Kota Malang. Peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dan metode pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling pada seluruh santri usia 3 tahun yang berada di level 1 Rumah Tahfidz Balita dan Anak Kota Malang yang berjumlah 18 santri. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi sederhana melalui pengujian SPSS. Adapun hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa Metode Tabarak dalam menghafal Surat An-Naba’ anak usia 3 tahun dinyatakan efektif. Hal ini dikuatkan oleh hasil uji hipotesis dengan nilai R sebesar 75% yang berarti bahwa terdapat efektivitas metode Tabarak dalam menghafal Surat An-Naba’ pada anak usia 3 tahun. Sedangkan besaran nilai R-Square sebesar 57,3% yang memilki arti dari besarnya sumbangan efektivitas metode Tabarak dalam menghafal surat An-Naba’ pada anak usia 3 tahun. Kata Kunci: Metode Tabarak, Menghafal Al-Qur’anen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectMetode Tabaraken_US
dc.subjectMenghafal Al-Qur’anen_US
dc.titleEfektivitas Metode Tabarak dalam Menghafal Surat An-Naba’ Anak Usia 3 Tahun di Rumah Tahfidz Balita dan Anak Kota Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record