Show simple item record

dc.contributor.authorHasanah, Rismawatul
dc.date.accessioned2022-03-23T06:02:05Z
dc.date.available2022-03-23T06:02:05Z
dc.date.issued2021-06-17
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3319
dc.description.abstractMadrasah Ibtidaiyah (MI) Nasruddin merupakan madrasah yang mempunyai pemimpin dengan tingkat keprofesionalan tinggi. Hal ini dapat dilihat dari peran kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikannya. Berbagai upaya yang telah dilakukan antara lain: kepala madrasah mampu menjadi contoh yang baik bagi guru dan peserta didik, kepala madrasah menjaga hubungan yang baik dengan masyarakat, mengikut sertakan peserta didik dalam setiap event perlombaan, menciptakan lingkungan belajar yang nyaman bagi peserta didik. MI Nasruddin merupakan lembaga madrasah di wilayah Dampit Kabuaten Malang yang masih mampu bertahan ditengah ketatnya persaingan pendidikan. Hal ini dikarenakan, prestasi akademik yang terus meningkat serta jumlah siswa dari tahun ke tahun semakin bertambah banyak dan didukung oleh kepala sekolah perempuan Ibu Yulaicha S.Pd.I yang loyal terhadap staf guru lainnya. Fokus penelitian sebagai berikut: Bagaimana mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Nasruddin Dampit Kabupaten Malang? Bagaimana peran kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI Nasruddin Dampit Kabupaten Malang? Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI Nasruddin Dampit Kabupaten Malang. Adapun tujuan yang di ingin dicapai yaitu: mendeskripsikan mutu pendidikan, peran kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan dan faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI Nasruddin Dampit Kabupaten Malang. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Kehadiran peneliti dalam penelitian berperan sebagai instrumen utama atau kunci. Sumber data yang digunakan yaitu: sumber data primer yaitu kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum, pengawai Tata Usaha (TU), guru agama dan guru olahraga. Sumber data sekunder: dokumentasi kegiatan, buku dan jurnal. Peneliti merupakan perencana, pelaksana pengumpulan data, analisis, penafsir data dan akhirnya peneliti sebagai pelapor hasilnya. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif Miles and Huberman. Pengecekan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mutu pendidikan di MI Nasruddin sudah baik. Melalui pembiasaan dan program-program unggulan yang dilakukan seperti setiap siswa diwajibkan hafalan juz amma, mengaji Al Qur’an dengan metode bil-qolam, kegiatan penunjang seperti sholawat MINASDA dan pembaharuan buku litelatur. Peran kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan seperti; siswa yang mempunyai minat dan bakat baik non akademik dan akademik diikutsertakan dalam event perlombaan, menata administrasi, meningkatkan bimbingan guru, meningkatkan prestasi siswa baik akademik maupun non akademik, mewadah i semua minat dan bakat peserta didik, membimbing siswa agar selalu membudayakan 6S(Salam, Senyum, Sapa sayang, Sopan, Santun), mendelegasikan guru-guru untuk mengikuti seminar tentang pendidikan, menjaga hubungan yang baik dengan masyarakat maupun instansi lainnya. Faktor pendukung; lingkungan yang nyaman, guru banyak berpengalaman mengajar, dan kepala madrasah yang ramah. Faktor penghambatnya sarana dan prasarana serta guru yang masih belum lulus S1 Kesimpulan dari penelitian ini adalah mutu pendidikan di MI Nasruddin Dampit semakin tahun kian meningkat kearah yang lebih baik melalui program dan kegiatan unggulan yang dilakukan setiap harinya dan kepala madrasah yang ramah, serta selalu mengawasi perkembangan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Peneliti menyarankan untuk kepaa madrasah supaya tetap mempertahankan tugas dan fungsi pokok kepemimpinan yang telah dikembangkan dengan baik, saling bekerjasama dalam mensukseskan hasil belajar dan memperhatikan faktor pendukung serta penghambat dalam meningkatkan mutu pendidikan. Kata Kunci: Peran Kepala Madrasah, Mutu Pendidikanen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectPendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyahen_US
dc.subjectPeran Kepala Madrasahen_US
dc.subjectMutu Pendidikanen_US
dc.titlePeran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MI Nasruddin Dampit Kabupaten Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record