dc.description.abstract | Strategi adalah suatu langkah-langkah terencana yang berisi tentang rangkaian kegiatan-kegiatan yang telah didesain sedemikian rupa oleh seseorang secara cermat yang disesuaikan dengan tujuan yang hendak dicapai. Strategi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam memperbaiki akhlak siswa adalah rangkaian kegiatan-kegiatan yang telah didesain oleh guru pendidikan agama Islam secara cermat untuk perbaikan pembinaan, atau tindakan untuk membina akhlakul karimah siswa disuatu lembaga sekolah tertentu sesuai dengan tempat guru pendidikan agama Islam tersebut mengajar. Siswa yang memiliki akhlakul karimah selalu menunjukkan perilaku yang baik dalam hubungan dengan Allah, hubungan dengan sesama, hubungan dengan lingkungan dan hubungan dengan diri sendiri. Terjadinya degradasi moral dan banyaknya penyimpangan yang dilakukan oleh siswa dibutuhkan strategi guru pendidikan agama Islam dalam melakukan pembinaan akhlak siswa. Berpijak dari itulah peneliti melakukan penelitian di SMAI An Nuuru Tirtoyudo dengan judul strategi pembelajaran pendidikan agama islam dalam memperbaiki akhlak siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mendeskripsikan tentang strategi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam memperbaiki akhlak siswa di SMAI An Nuuru Tirtoyudo. (2) untuk mendeskripsikan tentang implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam memperbaiki akhlak siswa di SMAI An Nuuru Tirtoyudo. (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam memperbaiki akhlak siswa di SMAI An Nuuru Tirtoyudo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data digunakan metode observasi, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data digunakan dengan uji triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan. (1) Strategi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam memperbaiki akhlak siswa di SMAI An Nuuru Tirtoyudo: memadukan esktra lulikuler dengan materi pembelajaran, strategi pengelolaan kelas. (2) Implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam memperbaiki akhlak siswa di SMAI An Nuuru Tirtoyudo pendekatan personal, teladan, pembiasaan, pemberian hukuman. (3) Evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam memperbaiki akhlak siswa di SMAI An Nuuru
Tirtoyudo: teladan dalam diri guru, metode pembelajaran, kerjasama dan dukungan orang tua, sarana dan prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: Kurangnya jam mata pelajaran pendidikan agama Islam, terbatasnya pengawasan pihak sekolah, kesadaran para siswa dan lingkungan siswa.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Memperbaiki Akhlak. | en_US |