Show simple item record

dc.contributor.authorKhoirunnisa, Shofiana
dc.date.accessioned2022-03-24T02:02:57Z
dc.date.available2022-03-24T02:02:57Z
dc.date.issued2021-06-15
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3328
dc.description.abstractGuru merupakan komponen yang memiliki strategis dalam kegiatan belajar mengajar. Di tangan guru mutu pendidikan dapat diupayakan ke arah yang lebih baik, hal itu yang menuntut seorang guru agar mampu mempersiapkan kompetensinya secara optimal, karena kompetensi guru mencerminkan kinerja guru atau kemampuan guru dalam mengajar di kelas. Salah satu yang menjadi tolak ukur keberhasilan sekolah yaitu kinerja guru. Kinerja adalah performance atau unjuk kerja. Pelaksanaan penilaian kinerja guru dimaksudkan bukan untuk menyulitkan guru, tetapi sebaliknya penilaian kinerja guru dilaksanakan untuk mewujudkan guru yang profesional. Dari latar belakang penelitian di atas maka peneliti merumuskan beberapa fokus masalah, yakni manajemen penilaian kinerja guru, bagaimana penilaian kinerja guru, dan faktor apa yang menjadi penghambat dan pendorong penilaian kinerja guru di SMP IT Asy-Syadzili Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang yakni manajemen penilaian kinerja guru, bagaimana penilaian kinerja guru, dan faktor apa yang menjadi pendukung dan penghambat penilaian kinerja guru di SMP IT Asy-Syadzili Malang. Untuk mencapai tujuan tersebut di atas penelitian dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, yaitu pengamatan yang merupakan aktivitas penelitian fenomena yang dilakukan secara sistematis, metode wawancara yang merupakan metode pengumpulan data dengan menggunakan jalan tanya jawab secara lisan dengan sumber penelitian, dan metode dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan-catatan, transkip, buku, laporan, dan sebagainya. Dalam penelitian ini manajemen penilaian kinerja guru di SMP IT Asy-Syadzili dipaparkan dari deskripsi fungsi manajemen yaitu apa saja yang perlu dipersiapkan untuk pelaksanaan penilaian kinerja guru, hal-hal apa saja yang membutuhkan pengorganisasian, bagaimana sistem pelaksanaan penilaian kinerja guru, dan siapa yang menjadi pengawas dalam penilaian kinerja guru. Lalu untuk tahapan penilaian kinerja guru yang dilaksanakan di SMP IT Asy-Syadzili yaitu melalui tahapan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Serta dalam menjalankan pelaksanaan penilaian kinerja guru juga memiliki faktor penghambat dan faktor pendorong. Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran-saran yaitu tentang bagaimana sekolah membekali guru dengan ilmu pengetahuan dari aspek informasi dan teknologi, sekolah melengkapi sarana dan prasarana pembelajaran sehingga apa yang telah dirancang guru di dalam pelaksanaan pembelajaran dapat dilaksanakan dengan baik, sehingga apa yang menjadi harapan kita semua tentang kualitas pendidikan dapat tercapai, yaitu kualitas pendidikan yang bermutu. Kata Kunci : Manajemen, Penilaian Kinerja, Kompetensi Guruen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectPendidikan Islamen_US
dc.subjectManajemenen_US
dc.subjectPenilaian Kinerjaen_US
dc.subjectKompetensi Guruen_US
dc.titleManajemen Penilaian Kinerja Guru PAI dalam Kompetensi Guru di SMP IT Asy-Syadzili Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record