Show simple item record

dc.contributor.authorMargaretta, Shinta
dc.date.accessioned2022-03-24T02:05:56Z
dc.date.available2022-03-24T02:05:56Z
dc.date.issued2021-06-24
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3330
dc.description.abstractPendidikan harus tetap terus berjalan dalam kondisi apapun. Tak menutup kemungkinan pada keadaan seperti ini, saat pandemi Covid-19. Seperti menggunakan metode pembelajaran daring. Metode yang digunakan adalah metode pembelajaran jarak jauh. Dalam kondisi saat ini, pemahaman mengenai berbagai aspek sangat perlu diperhatikan baik aspek kognitif, aspek afektif dan psikomotorik. Dalam kegiatan belajar aspek kognitif merupakan salah satu aspek penting karena aspek yang berpusat pada otak yang berkaitan dengan masalah intelektual. Maka dari itu, perlu adanya strategi-strategi tertentu yang digunakan dalam meningkatkan domain kognitif siswa di masa pandemi ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan guru dalam meninkgkatkan domain kognitif siswa pada pembelajaran daring di Masa pandemi ini. peneliti juga mendeskripsikan beberapa faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan domain kognitif siswa pada pembelajaran PAI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan metode obsevasi, wawancara yang dilakukan terhadap guru, kepala sekolah, dan waka kurikulum untuk mengetahui cara guru meningkatkan domain kognitif siswa pada pembelajaran berbasis daring di Masa pandemi ini terhadapa pelajaran PAI. Dokumentasi digunakan untuk mengetahui pembelajaran sesuai dengan RPP dan Silabus. Data tersebut kemudian peneliti oleh dalam bentuk deskripsi dan secara kualitatif. Analisis data dilakukan dengan menggunakan kondensasi data, display data dan kesimpulan. Adapun hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa di SMPN 05 Karangploso strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran adalah menggunakan berbagai macam strategi pembelajaran, seperti: strategi pembelajaran eksposition, ekspositori, kontekstual (CTL), strategi door to door, metode ceramah. Faktor pendukung dan faktor penghambat selama proses pembelajaran yang dilakukan dengan pembelajaran daring. Beberapa faktor pendukung meliputi: adanya komponen pokok (guru, murid, sarana prasarana) dalam proses belajar yang menyebabkan pembelajaran masih dapat berlangsung, tersedianya buku sebagai sumber belajar dan lain-lain. Faktor penghambat dalam pembelajaran meliputi: Terkendala sinyal untuk sebagian murid yang tinggal dikawasan susah sinyal, Kurangnya dukungan orangtua dalam mengawasi pembelajaran selama dirumah, dan lain-lain. Kata Kunci : Strategi, Meningkatkan, Domain Kognitif, Daringen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectPendidikan Islamen_US
dc.subjectStrategien_US
dc.subjectMeningkatkanen_US
dc.subjectDomain Kognitifen_US
dc.subjectDaringen_US
dc.titleStrategi Guru PAI dalam Meningkatkan Domain Kognitif Siswa Berbasis Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid – 19 di SMPN 05 Karangploso Kabupaten Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record