dc.description.abstract | Pendidikan yang diterima oleh anak, pertama datang dari lingkungan keluarga, yaitu pendidikan orang tuanya. Berbagai sikap dan perilaku yang dibuat oleh orang tua akan selalu menjadi teladan bagi anak-anaknya. Dengan demikian, perlu bagi orang tua untuk berperilaku sesuai dengan syariat Islam sehingga anak-anak dapat meniru kebaikan orang tua mereka. Lingkungan keluarga sangat dominan untuk membentuk kepribadian anak. Peneliti mengangkat peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Islam sebagai subyek penelitian dalam skripsi ini dikarenakan peserta didik Sekolah di Menengah Pertama Islam merupakan masa di mana seseorang ada pada keadaan membutuhkan arahan dan kontrol dalam setiap hal apapun yang mereka lakukan. Pendidikan di masa peserta didik menjadi saat yang penting di mana seseorang menentukan karakter dirinya setelah dewasa nanti
Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian study kasus. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian untuk Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini metode pengecekan keabsahan data dengan meningkatkan ketekunan, menggunakan metode triangulasi dan melakukan pemeriksaan sejawat.
Hasil dari penelitian ini adalah orang tua memiliki peranan penting terhadap Pendidikan agama islam putra-putrinya, dalam hal ini orang tua berperan sebagai pendidik dan sebagai pengawas, adapaun strategi yang digunakan dalam Pendidikan dan pengawasan putra putrinya adalah Orang tua memiliki strategi dalam mendidik dan mengawasi putra putrinya yang bersekolah di Sekolah Menengah Pertama Islam Nurul Hikmah As salafiyah, strategi tersebut adalah mendidik dengan hiwar atau dialog, perumpamaan, teladan, latihan, pengamalan, menasehati, memberi penghargaan dan memberi hukuman. Pendidikan agama islam di Sekolah Menengah Pertama Islam Nurul Hikmah As salafiyah juga sesuai dengan kurikulum 2013 yang diterapkan, membuat rencana pembelajaran dengan acuan silabus dari dinas Pendidikan, di Sekolah Menengah Pertama Islam Nurul Hikmah As salafiyah menekankan peserta didik menerapkan pelajaran PAI dalam kehidupan sehari-hari dengan mengadakan kegiatan ubudiyah, kegiatan ubudiyah ini sebagai upaya tercapainya Pendidikan agama islam di Sekolah Menengah Pertama Islam Nurul Hikmah As salafiyah.
Kata Kunci : Peranan, PAI, Orang Tua, Peserta Didik | en_US |