Rancang Bangun Game Edukasi Wawasan Islami untuk Anak Usia Dini Menggunakan Unity 3D
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai perancangan game edukasi pada anak usia 4-12 tahun di desa Candikuning II, pembangunan aplikasi ini dilakukan untuk berfokus pada media pembelajaran agama berbasis Android, aplikasi ini dirancang untuk mengembangkan dan membuat game edukasi “Wawasan Islami” sebagai media pembelajaran agama untuk anak muda di desa Candikuning II. Metode penelititan yang diterapkan untuk pengembangan aplikasi adalah metode Waterfall dengan melalui 5 tahapan yaitu Analisis Kebutuhan (Requirement), Perancangan (Design), Penerapan (Impelementation), Pembuktian (Verification) dan Pemeliharaan (Maintenance). Dalam merancang game edukasi ini menggunakan Blender untuk perancangan karakter dan animasinya dan menggunakan Unity untuk game engine. Teknik pengumpulan data menggunakan google forms dengan subjek penelitian untuk anak usia 4-12 tahun. Hasil penelitian ini adalah: (1) Game edukasi “Wawasan Islami” merupakan media pembelajaran agama yang menggunakan Unity 3D. (2) Pengujian ahli media untuk menilai kualitas kelayakan game didapatkan hasil sangat layak dengan presentasi kelayakan 89% dan dari hasil pengujian pengguna dengan rentang usia 4-12 tahun didapatkan hasil sangat layak dengan presentasi kelayakan 93,5%. Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa game edukasi “Wawasan Islami” ini layak digunakan sebagai media pembelajaran agama untuk anak-anak di desa Candikuning II.
Kata Kunci : Rancang Bangun, Game Edukasi, Wawasan Islami, Anak Usia Dini, Unity 3D