Show simple item record

dc.contributor.authorAdamiyah, Imasatul
dc.date.accessioned2022-03-26T06:56:35Z
dc.date.available2022-03-26T06:56:35Z
dc.date.issued2021-11-22
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3428
dc.description.abstractPendidikan hingga kini masih dipercayai sebagai media yang sangat ampuh dalam membangun kecerdasan sekaligus kepribadian anak manusia menjadi lebih baik akan tetapi Pada saat ini jika mencermati keadaan pendidikan masih jauh dari harapan hal ini dikarenakan masih banyak aspek yang harus diperbaikinya seperti model pembelajaran yang belum efektif. investigasi kelompok hadir sebagai salah satu solusi metode pembelajaran yang diharapkan membangkitkan minat siswa belajar lebih aktif, membiasakan siswa berpikir ilmiah, karena investigasi kelompok merupakan pengajaran pemecahan masalah pada masalah-masalah yang divergen. Atas dasar itulah penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan investigasi kelompok, Penerapan model investigasi kelompok dan evaluasi model investigasi kelompok dalam pembelajaran pendidikan agama islam (PAI) di kelas 4 UPTD SDN MORBATOH 1. Penelitian dilakukan dengan jenis kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Hasil Penelitian menyatakan bahwa, Perencanaan investigasi kelompok yang dilakukan melalui beberapa tahapan yakni pengembangan indikator, pengembangan materi, pemilihan metode, pengembangan skenario dan pemilihan media/ alat bantu. Sedangkan pada Pelaksanaan investigasi kelompok oleh guru PAI kelas IV di UPTD SDN Morbatoh 1 Sampang melalui beberapa tahapan Pertama mengorganisasikan siswa ke dalam beberapa kelompok, kedua merencanakan beberapa tugas-tugas belajar secara bersama-sama dengan siswa dalam suatu kelompok yang telah ditentukan, ketiga melakukan investigasi dengan cara guru mengkoordinasikan siswanya untuk mencari informasi, menganalisis dan membuat kesimpulan, keempat siswa di persilahkan untuk mempresentasikan hasil yang didapatkan dan tahap evaluasi yang dilakukan guru PAI kelas IV di UPTD SDN Morbatoh 1 Sampang ini ada berbagai macam penilaian yang digunakan untuk melihat perkembangan pembelajaran yang telah di serap serta untuk mengetahui perkembangan siswa melalui antusias siswa, keaktifan siswa, inovasi siswa dan kreativitas siswa serta sarannya yakni perlu adanya pengulangan investigasi kelompok setiap satu minggu sekali untuk mengetahui penilaian yang lebih maksimal dengan menyesuaikan RPP yang dicontoh/sebagai patoakan untuk pengevaluasian. Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Investigasi Kelompok dan Pendidikan Agama Islam  en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectPendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyahen_US
dc.subjectMetode Pembelajaranen_US
dc.subjectInvestigasi Kelompoken_US
dc.titleImplementasi Model Investigasi Kelompok dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas 4 UPTD SDN Morbatoh 1 Sampang Maduraen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record