Show simple item record

dc.contributor.authorPutri, Kusfa Hariani
dc.date.accessioned2022-03-26T07:00:22Z
dc.date.available2022-03-26T07:00:22Z
dc.date.issued2021-12-11
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3432
dc.description.abstractSituasi pendidikan pada masa pandemi Covid-19 berlangsung sejak bulan maret 2020 memiliki hambatan dan tantangan tersendiri baik menurut pendidik maupun peserta didik. Hambatan yang terjadi bagi pendidik yaitu banyak peserta didik yang sengaja tidak mengikuti pembelajaran daring di sebabkan karena tidak memilki kuota internet untuk mengakses pembelajaran sehingga peserta didik tertinggal dan tidak mendapatkan nilai. Hal ini membuat pendidik menjadi bimbang dalam memberikan nilai dan kebijakan karena masih banyak kendala yang belum bisa di selesaikan. Sedangkan hambatan bagi peserta didik yaitu pembelajaran yang sulit untuk di pahami karena pembelajaran daring menuntut peserta didik untuk mencari lebih luas ilmu pelajaran, sedangkan belajar di rumah tidak bisa menjamin peserta didik untuk belajara di karenakan terkadang peserta didik asik dengan kegiatan di rumah sehingga lupa untuk mengikuti pembelajaran secara daring. Berdasarkan hasil data yang di peroleh peneliti dari guru mapel PAI UPT SD Negeri 347 Gresik tahun pelajaran 2019/2020 – 2020/2021 bahwa nilai hasil belajar siswa ada 2 yaitu nilai pengetahuan dan nilai keterampilan, dimana nilai yang di ambil sebelum pandemi dan nilai yang di ambil pada saat pandemi. Pengelolaan dan analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data statistik inferensial. Statistik inferensial merupakan teknik statistik yang digunakan untuk menganalisis data sampel dan hasilnya diberlakukan untuk populasi. Teknik analisis data statistik inferensial dengan jenis statistik parametik digunakan untuk menguji parameter populasi melalui statistik untuk menguji ukuran populasi melalui data sampel. Untuk mengukur serta menganalisis data yang bersifat inferensial digunaka statistik inferensial yang menggunakan teknik analisis regresi. Hasil belajar PAI di UPT SD Negeri 347 Gresik tahun pelajaran 2019/2020 – 2020/2021 bahwa nilai pengetahuan sebelum pandemi (pembelajaran tatap muka) lebih tinggi di bandingkan nilai pengetahuan saat pandemi (pembelajaran daring). Faktor faktor yang menyebabkan hasil belajar PAI di UPT SD Negeri 347 Gresik tahun pelajaran 2019/2020 – 2020/2021 sangat bervariasi, antara lain faktor dari pendidik, peserta didik, alat atau media, dan lingkungan. Faktor dari pendidik merupakan faktor yang berasal dari dalam diri peserta didik itu sendiri. Tentang bagaimana pendidik dalam menyampaikan materi kepada peserta didik, juga tentang ketepatan pendidik dalam memilih suatu strategi pembelajaran. Pemhaman peserta didik sangat tergantung pada kepiawaian pendidik dalam menyampaikan suatu materi. Namun faktor dari peserta didik sendiri juga mempengaruhi keberhasilan suatu pembelajaran. Faktor dari peserta didik sendiri meliputi minat belajar, aktivitas belajar, intelegensi, motivasi, kebiasaan, bakat, dll. Kata Kunci : Motivasi, Hasil Belajaren_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectPendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyahen_US
dc.subjectMotivasien_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePengaruh Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI di UPT SD Negeri 347 Gresiken_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record