Model Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Hidayatullah Putri Desa Ohoitel Kecamatan Dullah Utara Kota Tual Maluku
dc.contributor.author | Ernas, Maulana Ishaq | |
dc.date.accessioned | 2022-03-28T03:47:18Z | |
dc.date.available | 2022-03-28T03:47:18Z | |
dc.date.issued | 2022-01-22 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3447 | |
dc.description.abstract | Model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang mendeskripsikan dan melukiskan prosedur yang sistematik dalam mengorganisasikan pengalaman belajar dan pembelajaran untuk mencapai tujuan belajar dan berfungsi sebagai pedoman dalam perencanaan pembelajaran bagi pendidik dalam melaksanakan aktivitas pembelajaran. Model pembelajaran tahfidzul Qur’an adalah rancangan konseptual yang disusun secara sistematis sebagai pedoman para pengajar untuk mencapai tujuan tertentu dalam pembelajaran hafalan Al Qur’an. Pembelajaran tahfiz Al-Qur’an juga dapat didefinisikan sebagai proses menghafal Al-Qur’an dalam ingatan sehingga dapat dilafadzkan atau diucapkan di luar kepala secara benar dengan caracara tertentu secara terus menerus. Berdasarkan hal di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi, mendeskripsikan dan menganalisa tentang; (1) Bagaimana pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Hidayatullah Putri Ohoitel? (2) Bagaimana Metode pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Hidayatullah Putri Ohoitel? (3) Bagaimana Model pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Hidayatullah Putri Ohoitel? Hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut; (1) Progam pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Hidayatullah Putri Ohoitel mempunyai dua program yakni dengan menggunakan progam biasa atau reguler yang dimana merupakan progam pembelajaran yang mentargetkan santri untuk bisa melakukan setoran wajib dalam waktu seminggu minimal sebanyak dua lembar lampiran Al-Qur’an. Sedangkan untuk progam kedua yaitu program khusus tahfidz Al-Qur’an dimana santri putri di Pondok Pesantren Hidayatullah Ohoitel menggunakan progam 6 bulan menghafal yang mana merupakan progam pembelajaran untuk menargetkan santri bisa dan mampu menghafal Al-Qur’an dalam kurun waktu 6 bulan dengan melakukan setoran wajib sehari minimal 2 lembar lampiran Al-Qur’an. (2) Dalam proses kegiatan pembelajaran tahfidz Al- Qur’an Pondok Pesantren Hidayatullah Putri Ohoitel menggunakan metode gabungan atau lebih dari satu metode yang digunakan santri putri dalam menghafalkan Al-Qur’an. (3) model pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Hidayatullah Putri Ohoitel menggunakan model pembelajaran yang berpusat pada santri Putri dengan jenis model pembelajaran personal. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Malang | en_US |
dc.subject | Model Pembelajaran | en_US |
dc.subject | Tahfidz Al-Qur’an | en_US |
dc.title | Model Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Hidayatullah Putri Desa Ohoitel Kecamatan Dullah Utara Kota Tual Maluku | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
MT - Islamic Education
Koleksi Thesis Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam